Loading...

DPD RI: Pemerintah Dituntut Utamakan Pencegahan

DPD RI: Pemerintah Dituntut Utamakan Pencegahan
Rapat pembahasan karlahut di DPD RI. (humas)
Selasa, 15 Maret 2016 20:04 WIB
Penulis: Daniel Caramoy
JAKARTA- Pansus Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut (Karhutla) DPD RI menuntut adanya upaya pencegahan terhadap kebakaran lahan gambut daripada hanya memfokuskan pada aspek pemadaman. Selain itu, Pansus juga berharap adanya upaya revitalisasi dan pemanfaatan terhadap lahan gambut yang terbakar di tahun 2015, dikarenakan daerah gambut merupakan penyumbang kebakaran tebesar di Indonesia.

Dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) antara Pansus Karhutla DPD RI dengan Badan Restorasi Gambut hari Selasa (15/3) di Ruang Rapat PPUU membahas tentang program-program dan langkah dari Badan Restorasi Gambut dalam upaya aspek pencegahan kebakaran lahan dan juga percepatan pemulihan kawasan gambut yang terbakar.

Menurut Ketua Pansus Karhutla DPD RI, Parlindungan Purba, kebakaran lahan gambut di Indonesia yang terjadi hampir setiap tahun menjadi perhatian serius yang harus segera diselesaikan oleh pemerintah. Pansus Karhutla kedepannya akan bekerjasama dengan BRG untuk dapat melakukan pencegahan terhadap kebakaran lahan gambut, termasuk pemanfaatan lahan gambut untuk tujuan ketahanan pangan di Indonesia.

?Jadi Pansus Karhutla ini melihat fungsi BRG ini cukup penting untuk pencegahan karena (kebakaran) gambut paling susah dipadamkan. Adanya kerjasama dengan BRG dapat mencegah adanya kebakaran dan memaksimalkan potensi lahan gambut sebagai tujuan mewujudkan ketahanan pangan,? ujarnya.

Wakil Ketua Pansus Karhutla, Abdul Gaffar Usman juga mengatakan bahwa Pemerintah harus memberikan perhatian lebih dalam aspek pencegahan kebakaran hutan dari tiga dimensi, yaitu struktural, anggaran, dan pengawasan. Selain itu, Anggota Pansus Karhutla DPD RI, Nofi Candra menganggap lahan gambut mempunyai potensi jika dimanfaatkan secara optimal. Selain dapat digunakan untuk lahan pertanian, gambut juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sumber energi ataupun untuk tujuan pembuatan pupuk organik.

Dalam kesempatan yang sama, Abdul Azis sendiri mengapresiasi kerjasama antara Pansus Karhula DPD RI dengan BRG. Kerjasama ini dianggap sebagai langkah maju dalam melestarikan lingkungan, terutama masalah kebakaran hutan dan lahan gambut yang terus terjadi di Indonesia.

?Dengan BRG adalah momentum untuk melestarikan lingkungan indonesia, bagaimana lahan gambut yang begitu luas dan menimbulkan problem akan kita buat sebagai sesuatu yang bermanfaat,? ujar Senator dari Sumatera Selatan ini.

Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pansus Karhutla DPD RI dalam upaya melestarikan lingkungan di Indonesia adalah dengan membentuk Kaukus Parlemen Hijau Indonesia (KHI).

Kedepannya KPHI akan memfokuskan pada pelestarian lingkungan dengan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait pada keberadaan lingkungan, seperti DPRD Provinsi, stakeholder daerah, ataupun lembaga-lembaga lingkungan di Indonesia. Untuk jangka terdekat prioritas utama dari KPHI adalah pencegahan kebakaran hutan, agar tidak terjadi lagi di tahun ini. *** ?


Loading...
www www