Home  /  Berita  /  Umum

Bupati Optimis, FKMP Mampu Ciptakan Kamtibmas

Bupati Optimis, FKMP Mampu Ciptakan Kamtibmas
Bupati berfoto bersama dengan pengurus Forum Komunikasi Polisi Masyarakat (FKPM), Senin (14/3) di ruang kerja bupati. (f/humas)
Selasa, 15 Maret 2016 14:51 WIB
Penulis: Trinanda

LIMA PULUH KOTA- Bupati Lima Puluh Kota Ir. Irfendi Arbi, MP optimis Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) mampu berperan dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat di daerah ini. Karenanya, putera Koto Tangah Simalanggang itu mendukung pembentukan forum tersebut hingga tingkat nagari-nagari bahkan jorong. 

            “Kita mendukung pembentukan FKPM. Bahkan kita juga akan mendukung acara pelantikan FKPM kecamatan dan nagari yang  akan dilaksanakan di aula kantor bupati ini akhir Maret mendatang,” ujar Bupati dihadapan para pengurus FKPM Kabupaten Lima Puluh Kota di ruang kerja bupati, Senin (14/3).

            Lebih lanjut Irfendi berharap forum tersebut benar-benar berperan menjadi wadah bagi polisi dan masyarakat untuk berbagi informasi dan berkonsultasi tentang berbagai permasalahan sosial di tengah masyarakat terutama yang berkaitan dengan persoalan keamanan dan ketertiban.

            “Kita optimis FKPM akan berkontribusi positif dalam masalah keamanan, termasuk melakukan pencegahan dan penanggulangan gangguan keamanan di tengah masyarakat,” ujar Irfendi.

Sebelumnya Ketua FKPM Kabupaten Lima Puluh Kota Awaludin Cuncun kepada wartawan mengatakan, forum ini memiliki peranan sebagai perpanjangan tangan polisi di tengah masyarakat. Selainn itu, juga menjadi mediator antara masyarakat dengan polisi.

 Sedangkan tugasnya dalam konteks preventif melakukan penyuluhan narkoba dan penyakitn masyarakat lainnya. Sedangkan dalam konteks persuasive forum ini diharapkan dapat menhyelesaikan persoalan tindak pidana ringan (Tipiring) yang terjadi di tengah masyarakat. Tak kalah pentingnya, FKPM juga ikut berpatisipasi dalam mengantisipasi radikalisme dan terorisme.

“Untuk kasus Tipiring sperti maling ayam, perselisihan anak kemenakan, perkelahian antara anak dan perkara ringan lainnya akan diselesaikan oleh FKPM tingkat nagari,” ujar Awaludin.

Menurutnya, FKPM itu sudah ada di daerah ini sejak dua tahun belakangan. Rencananya dalam waktu dekat akan melantik FKPM Kecamatan serta akan membentuknya di tiap nagari dan di tingkat jorong. Bahkan di beberapa nagari seperti di Kecamatan Situjuah Limo Nagari dan Luak.***

Editor:M.Siebert
Kategori:Umum, GoNews Group, Limapuluh Kota
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/