Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Kota Pariaman Bikin Sejarah, Pertama di Sumatera Barat Kukuhkan Dubalang Desa

Kota Pariaman Bikin Sejarah, Pertama di Sumatera Barat Kukuhkan Dubalang Desa
Wako Pariaman Mukhlis Rahman bersalaman dengan dubalang desa. (Humas)
Senin, 14 Maret 2016 07:40 WIB

PARIAMAN - Pemerintah Kota Pariaman terus melakukan terobosan untuk menghidupkan kembali kehidupan bernagari. Salah satunya dengan pengukuhan Hulubalang (Dubalang) yang ada di Desa Sikapak Timur ini, yang nantinya akan ada pengukuhan Dubalang di setiap Desa se-Kota Pariaman. 

Hal itu disampaikan Walikota Pariaman dalam sambutannya pada acara liputan Kampung Segar Berseri, yang sekaligus mengajak masyarakat untuk menggiatkan kembali budaya bergotong royong, dalam membersihkan Desanya, serta Lounching Dubalang dan Petugas Kebersihan Desa, yang bertempat di Desa Sikapak Timur, Minggu (13/3/2016).

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Dubalang adalah perangkat adat dalam kaum, kampung, suku atau desa yang memegang kato mandareh (tegas) yang berdiri di pintu mati atau berhukum tetap. Dubalang Parik Paga Desa ditunjuk oleh Kepala Desa sesuai dengan kriteria khusus yang telah ditentukan, dengan jumlah maksimal 2 (dua) orang perdusunnya. Tugasnya bertanggung jawab kepada Kepala Desa dalam menciptakan ketertiban dan keamanan Desa, serta menjalankan Perda yang telah ditetapkan oleh Pemko Pariaman dan Peraturan desa (Perdes) atau yang disebut Adat salingka nagari, tukasnya.

“Pengukuhan Dubalang di Kota Pariaman merupakan kali pertama dilakukan dan juga satu-satunya saat ini di Sumatera Barat, hal ini menjadi kebanggan tersendiri bagi kita masyarakat Kota Pariaman. Seluruh Dubalang Parik Paga Desa yang ada di Kota Pariaman, nantinnya akan dilantik dan dikukuhkan kembali secara serentak pada bulan Mei 2016 mendatang, dan untuk Kota Pariaman, ada 55 desa yang akan memiliki petugas sebagai Dubalang Parik Paga Desa,” tambahnya.

Hadir dalam acara ini Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Ketua TP PKK Kota Pariaman Ny Reni Mukhlis, Ketua GOW Kota Pariaman Ny. Lucy Genius, Ketua Kadin Kota Pariaman Jamohor, Asisten I Kota Pariaman Khaidir, Owner Safari inn Hotel and Resort James Nazmi, Kepala SKPD, Kabag, Camat dan Kepala Desa se-Kota Pariaman, Komunitas Gandoriah Sepeda Klub (GSK), Ninik Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai dan Pemangku Adat se Kecamatan Pariaman Utara serta masyarakat sekitar.

Diakhir acara rombongan Walikota Pariaman bersama Komunitas GSK serta masyarakat sekitar menikmati kuliner khas pariaman yang dibuat secara gotong royong oleh ibu-ibu PKK dan masyarakat Desa Sikapak Timur. (Hms/J/A)

Editor:Calva
Sumber:pariamankota.go.id
Kategori:Pemerintahan, GoNews Group, Pariaman
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/