Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Dengan Tema Mawar Hitam, Pameran Busana Migi Rihasalay Pukau Pengunjung Indonesia Fashion Week 2024
Umum
23 jam yang lalu
Dengan Tema Mawar Hitam, Pameran Busana Migi Rihasalay Pukau Pengunjung Indonesia Fashion Week 2024
2
Tekad Bangkit Super Elang Jawan Raih Tiga Poin
Olahraga
22 jam yang lalu
Tekad Bangkit Super Elang Jawan Raih Tiga Poin
3
Persis Solo Pantau Fisik Pemain Selama Ramadan
Olahraga
22 jam yang lalu
Persis Solo Pantau Fisik Pemain Selama Ramadan
4
Ilhamsyah Bersyukur Menit Bermain Bertambah
Olahraga
21 jam yang lalu
Ilhamsyah Bersyukur Menit Bermain Bertambah
5
Timnas 3X3 Tutup Kualifikasi Grup B FIBA 3X3 Asia Cup 2024 dengan Petik Dua Kemenangan
Olahraga
21 jam yang lalu
Timnas 3X3 Tutup Kualifikasi Grup B FIBA 3X3 Asia Cup 2024 dengan Petik Dua Kemenangan
https://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/
Home  /  Berita  /  Pendidikan

Bupati Dukung SMKN 1 Guguak Menuju SMK Rujukan

Bupati Dukung SMKN 1 Guguak Menuju SMK Rujukan
Bupai Limapuluh Kota Irfendi Arbi berpose bersama kepala, majelis guru dan tata usaha SMKN 1 Guguk yang mendukung SMKN 1 Guguk menjadi SMK Rujukan.(f/humas)
Senin, 14 Maret 2016 20:32 WIB
Penulis: Trinanda

LIMA PULUH KOTA-  Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN- 1 ) Guguak menuju SMK rujukan untuk tahun ajaran 2016 / 2017. Buat mewujudkan program itu, sekolah ini harus memiliki siswa sedikitnya 1.000 orang. Bupati Lima Puluh Kota Ir. Irfendi Arbi, MP mendukung gebrakan SMKN 1 Guguak tersebut. 

 “Kita sangat mendukung sekolah ini menjadi SMK Rujukan. Kita berharap lulusan SMP di Kecamatan Guguak dan kecamatan tetangga melanjutkan pendidikannya ke sekolah ini. Apalagi dalam tahun ajaran baru 2016/2017 ini akan dibuka jurusan baru,” ujar Irfendi di sela acara penyerahan tropy Bupati Cup bagi para juara berbagai perlombaan dalam gebyar SMKN 1 Guguak, Senin (14/3).

Irfendi yakin, program baru itu akan mampu meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di sekolah ini. Sebab, setahunya SMK Rujukan  tersebut menuntut kinerja yang bagus, akses luas dan efektif dalam hal pengelolaan institusi. Untuk itu ia mengajak para kepala SMP yang ada di daerah ini melakukan  pencerahan terhadap siswanya agar mau melanjutkan ke sekolah di SMK yang berada di Jorong Guguak Nagari Guguak VIII Koto tersebut.

“Kita optimis SMKN 1 Guguak menjadi SMK Rujukan,  sekolah yang hebat. Ini tentu perlu kita dukung secara optimal,” kata Irfendi.

            Sebelumnya Kepsek SMKN 1 Guguak didampingi Wakepsek Bidang Humas SMKN 1 Guguak Sarnen Indra, S.Pd optimis sekolah ini mampu mecapai target siswa sebanyak 1.000 orang pada tahun ajaran baru mendatang. Sebab, ia melihat animo masyarakat dewasa ini untuk memasukkan anaknya bersekolah di SMK ini relatif tinggi.

            “Dengan adanya dua jurusan baru yang masing-masingnya Teknik Arsitektur dan Teknik Alat Berat, kami yakin sekolah ini akan menjadi favorit lulusan SMP. Apalagi sebelumnya juga sudah ada enam jurusan lain seperti  Jurusan Konstruksi Kayu, Kendaraan Ringan, Multi Media, Listrik, Mesin dan Teknik Audio Video (TAV),” papar Sarnen.

Lebih lanjut dikatakan, dari 15 ribu SMK di Indonesia, SMKN 1 Guguak merupakan salah satu dari 1.000 SMK yang menjadi rujukan. Dalam rangka mempromosikan sekolah ini ke tengah siswa SMP, SMKN 1 Guguak menggelar  gebyar SMKN 1 Guguak dengan memperebutkan tropy Bupati Lima Puluh Kota.

Dalam gebyar yang berlangsung sejak tanggal 4 sampai 12 Maret itu, digelar berbagai pertandingan olahraga, seni budaya dan perlombaan di bidang agama. Khusus untuk pertandingan Poli putera, juara satunya berhasil di rebut SMPN 1 Luak disusul SMPN 1 Gunuang Omeh dan SMPN 1 Mungka. Sedang Poli puteri diambil SMPN 1 Guguak disusul SMPN 1 Luak.

Menyoal fasilitas dan bangunan, lebih jauh Sarnen mengatakan SMK ini juga akan dibenahi  dengan dukungan dana pemerintah pusat.

Apa itu SMK Rujukan?

SMK Rujukan adalah SMK yang mempunyai kinerja yang bagus, akses luas dan efektif dalam hal pengelolaan institusi. SMK rujukan akan menjadi sekolah induk bagi 3 atau 4 SMK sejenis yang skalanya lebih kecil dengan lokasi yang tidak berjauhan.

Untuk mewujudkan hal ini SMKN 1 Guguk  harus mempunyai rencana kerja tiga tahunan mengenai program kerja (School Development Plan) atau SDP. Beberapa tujuan dari SDP ini adalah :

  1. Sebagai salah satu persyaratan menjadi SMK Rujukan
  2. Peningkatan mutu pendidikan, pemerataan akses pendidikan berkualitas, efektif dalam mengelola institusi
  3. Perbaikan program kerja yang berkesinambungan

untuk mewujudkan tujuan di atas, maka SMKN 1 Guguk harus memenuhi IKK (Indikator Kerja Kunci), yang antara lain adalah:

  1. Tempat uji kompetensi (menjadi TUK yang dapat bertindak sebagai penjamin mutu hardskill dan softskill
  2. Kelas Digital dalam Pembelajaran (mempunyai kelas elektronik berbasis akademik)
  3. Partnership (bekerjasama dengan sekolah lain dan industri luar negeri)
  4. Penguasaan 3 bahasa asing
  5. Profil Lulusan
  6. Peningkatan SDM

Seluruh Civitas Akademika SMK N 1 Guguk selalu berdoa dan mendukung terwujudnya cita-cita SMKN 1 Guguk  tercinta ini.***

Editor:M.Siebert
Kategori:Pendidikan, GoNews Group, Limapuluh Kota
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/