Home  /  Berita  /  Ekonomi

Bertemu dengan Nelayan di Sikakap, Bupati Yudas Janjikan Bantuan 10 Kapal di 2017

Bertemu dengan Nelayan di Sikakap, Bupati Yudas Janjikan Bantuan 10 Kapal di 2017
Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet dihadiahi ikan oleh Nelayan Sikakap. (Dishubkominfo)
Minggu, 13 Maret 2016 08:48 WIB

MENTAWAI - Pemkab. Mentawai selalu berupaya meningkatkan taraf hidup masyarakat, termasuk para nelayan. Untuk itu, Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet dalam sambutannnya dihadapan masyarakat nelayan Sikakap mengajak masyarakat harus konsisten menjadi nelayan. Ajakan tersebut diharapkan Yudas kelak bisa dilakukan guna meningkatkan perekonomian serta kehidupan para nelayan agar menjadi lebih baik dan terhormat.

“Saya berharap ajakan ini, bisa dilakukan dan mampu meningkatkan ekonomi dan hidup masyarakat nelayan agar lebih baik lagi di masa akan datang,” kata Yudas saat temu ramah bersama nelayan di Kecamatan Sikakap Rabu, (9/3/2016).

Yudas juga menyampaikan rasa bangganya terhadap nelayan Sikakap yang berhasil mempergunakan satu unit bantuan kapal dengan kapasitas 10 gross ton (GT) dengan baik. Dengan kapal itu nelayan bisa menangkap ikan sebanyak 500 kg dengan nilai 16 juta rupiah serta nelayan mampu mendapatkan penghasilan mencapai 2 juta rupiah untuk satu orang setiap minggunya.

Untuk menambah semangat para nelayan, Yudas menjanjikan akan memberikan kembali bantuan kapal sebanyak 10 unit pada tahun 2017 kepada masyarakat yang serius menjadi nelayan.

“Mlihat keberhasilan yang diraih dengan mempergunakan satu unit kapal saja, saya akan berusaha kembali memberikan 10 unit kapal pada tahun 2017 kepada masyarakat yang benar-benar menjadi nelayan," tuturnya.

Anggota komisi A DPRD Mentawai Nelsen Sakerebau yang hadir dalam temu ramah tersebut juga mengatakan akan menyetujui usulan masyarakat terkait bantuan alat tangkap asalkan masyarakat memiliki badan hukum organisasi atau kelompok.

“kita pasti akan menyetujui permintaan masyarakat terkait dengan bantuan alat tangkap, dengan syarat masyarakat harus memiliki badan hukum oragnisasi atau kelompok” jelas Nelsen.
Nelsen juga menambahkan tahun ini bantuan keramba jaring apung (KJA) akan segera diberikan kepada nelayan.

Ia berharap Kecamatan lain bisa mengikuti perkembangan dan menggabungkan diri sebagai anggota Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI).
Selain temu ramah Bupati juga mengukuhkan 7 orang pengurus HNSI Kecamatan Sikakap dan menerima penghargaan berupa satu ekor ikan tenggiri dengan bobot 20 kg dari nelayan setempat.

Turut hadir dalam temu ramah tersebut Asisten I Seminar Siritoitet, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi D. Lubis Sabelau dan Kepala Dinas Kesehatan Lahmuddin Siregar. (Hms/Nobel)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/