Home  /  Berita  /  Ekonomi

Warga Desa Malancan Siberut Utara Mentawai Usulkan Bantuan Huller Padi

Warga Desa Malancan Siberut Utara Mentawai Usulkan Bantuan Huller Padi
Ilustrasi tanaman padi
Jum'at, 11 Maret 2016 08:49 WIB

MENTAWAI - Para petani Desa Malancan Kecamatan Siberut Utara, Kepulauan Mentawai, meminta kepada pemerintah Daerah Kepulauan Mentawai Melalui Dinas Peratanian  untuk memenuhi kebutuhan alat penumbuk padi (Huller) di daerahnya.

Hal itu disampaikan warga Malancan saat temu ramah bersama Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet beserta rombongan di salah satu Gereja yang ada di Desa Malancan Jumat (04/03/2016).

Menanggapi hal itu, Yudas mengatakan akan memenuhi permintaan warga dengan syarat warga harus benar-benar mepergunakannya apabila pihak Pemerintah melalui Dinas Pertanian mengabulkan keinginan warga petani Desa Malancan.

“Kami akan penuh itu, tetapi dengan syarat warga harus mepergunakannya dengan semaksimal mungkin,” tegas Yudas.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Novriadi mengatakan, pihaknya akan mengabulkan permintaan warga untuk mendapatkan Huller padi. Ia juga berharap dengan luas lahan sawah 18 Hektare yang digarap warga saat ini mestinya harus ditambah luas garapannya agar bantuan Huller padi tidak tanggung diserahkan oleh pemerintah.

“Kita bisa mengabulkannya asalkan warga petani bisa menambah luas sawahnya dari luas yang digarap saat ini yang hanya 18 hektare, jadi kita tidak tanggung memberikan alat penggiling padi tersebut,” tutur Novriadi.

Selain Huller padi, warga juga mengusulkan pembangunan irigasi, penambahan panjang jalan pertanian yang saat ini hanya sepanjang 1000 meter dan masih kurang 1000 meter lagi karena mengandalkan Dana ADD saja tidak cukup, pembukaan jalan baru sepanjang 4 Km dari Malancan menuju Barakbang serta menuju Tamairang dan pembangunan rumah dinas tenaga medis serta pemekaran desa karena Desa Malancan saat ini memiliki 9 Dusun.

Turut hadir dalam temu ramah itu, Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet, Kepala Dinas Pendidikan Sermon Sakerebau, Kepala Dinas Kesehatan Lahmuddin Siregar, Kepala Dinas Petanian Novriadi, Kepala Kantor Kesbang Polinmas dan Kepala BPMPKB Mentawai Joko Haryanto. (Nobel)

Editor:Calva
Kategori:Ekonomi, GoNews Group, Kepulauan Mentawai
wwwwww