Home  /  Berita  /  Peristiwa

Danrem 032 Wirabraja Kunjungi Mentawai, Lihat Kondisi Pasca Gempa

Danrem 032 Wirabraja Kunjungi Mentawai, Lihat Kondisi Pasca Gempa
Danrem 032 Wirabraja Brigjen Bakti Agus F disambut Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet.
Selasa, 08 Maret 2016 06:18 WIB

TUAPEIJAT - Komandan Komando Resort Militer (Danrem) 032 Wirabraja Brigjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P.,M.Si mengunjungi Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kamis (03/3/2016) lalu. Danrem ingin melihat situasi di Mentawai pasca gempa yang berkekuatan 7,8 SR yang terjadi Rabu, 2 Maret 2016.

Sebagaimana diketahui, gempa kuat yang berada pada kedalaman 10 KM, 5,16 LS dan 94,05 titik kordinat 682 Barat Daya Perairan Mentawai berpotensi tsunami, terjadi pada hari Rabu pukul 19 : 42 WIB dan membuat warga panik. Warga sebagian besar mencari pengungsian yang lebih tinggi.

"Dan atas kejadian inilah kami bersama bersama BNPB Sumbar dan Basarnas langsung lakukan peninjauan Mentawai," kata Danrem ketika diterima Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet, saat kapal Basarnas merapat di pelabuhan Tuapeijat, Kamis (03/3/2016).

Dandrem juga menjelaskan, kunjungan kami bersama BNPB Sumbar dan Basarnas ke Mentawai dalam rangka memastikan informasi kejadian Gempa yang terjadi pada hari Rabu malam, kata Agus saat pertemuan di ruangan BPBD Mentawai.

Dalam pertemuan di ruangan BPBD Mentawai, Agus menyampaikan informasi saat kejadian gempa pada hari Rabu malam, saya mencoba menghubungi Dandim Mentawai ternyata komunikasi tidak bisa diakses dan jaringan telkomsel ternyata sudah 3 hari tidak berfungsi.

Ia menyebutkan, keberangkatan dari Padang menuju Mentawai juga sudah ia beritahukan kepada penyedia layanan telekomunikasi telkomsel agar dapat memperbaiki jaringan komunikasi di Mentawai.

"Alhamdulillah, setelah teknisi Telkomsel juga sampai di Mentawai, pada jam 12:30 wib jaringan mulai aktif tapi belum maksimal masih hilang-hilang timbul, sampai pagi jaringan bisa normal kembali," sebutnya.

Untuk itu, Brigjen Agus pajari menghimbau kepada seluruh masyarakat Mentawai selalu waspada dalam kesiapsiagaan bencana. Danrem juga melakukan perjalan ke Pulau Siberut meninjau posko warga pengungsian warga di sana. (ers/humas)

wwwwww