Kunjungi Warga Batu Gadang, Komisi II DPRD Padang Urungkan Rencana Penutupan Jalan Oleh PT Semen Padang

Anggota Komisi II DPRD Padang didamping Ketua Komisi II Elly Thrisyanti berdialog dengan warga Batu Gadang.Anggota Komisi II DPRD Padang bersama warga Batu Gadang dan pihak PT Semen Padang meninjau akses jalan menuju lokasi tambang.Delma Putra, anggota Komisi II DPRD Padang langsung menanyakan ke warga lokasi rencana penutupan akses jalan oleh PT Semen Padang.Warga Batu Gadang menyampaikan aspirasinya ke anggota Komisi II DPRD Padang terkait rencana penutupan akses jalan.
Senin, 07 Maret 2016 20:34 WIB
Penulis: Agib M Noerman

PADANG - Komisi II DPRD Padang meninjau langsung jalan tambang baru yang menjadi polemik antara warga Batu Gadang, Lubuk Kilangan dengan PT Semen Padang. Akhirnya, rencana penutupan jalan untuk warga yang akan diberlakukan PT Semen Padang mampu dimediasi oleh Komisi II DPRD Padang. 

Ketua Komisi II DPRD Padang Elly Thrisyanti, mengatakan tujuan anggota dewan turun langsung ke lokasi untuk mengetahui lebih mendalam persoalan yang sebenarnya. Elly menyimpulkan, setelah adanya dialog bersama warga dan pihak PT Semen Padang, maka persoalan yang sebenarnya adalah warga meminta agar akses mereka ke Jalan Raya Indarung tidak ditutup.

"Warga hanya minta jalan mereka tidak ditutup. Jika ditutup pun, warga berharap agar PT Semen Padang mengalihkan jalan atau membuat jalan baru," kata Elly saat berdialog bersama warga Batu Gadang, Senin (29/2/2016) lalu.

gosumbarcom_gqqmp_86.jpg

Warga Batu Gadang menyampaikan aspirasinya ke anggota Komisi II DPRD Padang terkait rencana penutupan akses jalan

Kemudian, anggota Komisi II lainnya Dasman, berharap antara warga dan PT Semen Padang dapat memiliki pemahaman yang sama dan memiliki hubungan baik yang saling menguntungkan. Dasman juga menambahkan, jalan alternatif sangat dibutuhkan warga Batu Gadang dan sekitarnya.

"Harus ada koordinasi Pemko Padang dengan PT Semen Padang jika memang adanya pembangunan jalan," tegas Dasman.

Terkait permasalahan pembebasan lahan yang disebutkan warga belum ada kejelasan dari Pemko dengan nilai Rp10 miliar, ia mengaku juga belum mengetahuinya. Untuk itu dalam waktu dekat, DPRD akan mengkomunikasikannya dengan Pemko apakah memang dianggarkan atau tidak.

gosumbarcom_zhclf_85.jpg

Delma Putra, anggota Komisi II DPRD Padang langsung menanyakan ke warga lokasi rencana penutupan akses jalan oleh PT Semen Padang.

Dalam kunjungan itu Komisi II yang diketuai Elly Thrisyanti didampingi Wakil Ketua Komisi II Yulisman dan anggota komisi II Delma Putra dan Dasman. Kedatangan anggota DPRD Kota Padang ini didamingi oleh Kabiro Humas PT SP Iskandar Lubis, Camat dan Kapolsek Lubuk Kilangan, Lurah serta diikuti ratusan warga RW I Kelurahan Batu Gadang.

Dari hasil pertemuan yang dilakukan antara pihak PT Semen Padang bersama warga Batu Gadang diperoleh kesepakatan bahwa pihak PT SP tidak akan menutup akses jalan utama tersebut untuk sementara waktu. Di RW tersebut ada sekitar 36 KK yang menggunakan jalan utama PT Semen Padang. (***)

gosumbarcom_hxvfz_83.jpg

Anggota Komisi II DPRD Padang bersama warga Batu Gadang dan pihak PT Semen Padang meninjau akses jalan menuju lokasi tambang


wwwwww