Home  /  Berita  /  GoNews Group

Hanya Mentawai Daerah di Sumbar yang Dilewati Gerhana Matahari Total, Ayo Buruan Datang!

Hanya Mentawai Daerah di Sumbar yang Dilewati Gerhana Matahari Total, Ayo Buruan Datang!
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kepulauan Mentawai Desti Seminora. (Ist)
Senin, 07 Maret 2016 18:00 WIB
Penulis: Calva

MENTAWAI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai terus mempersiapkan diri sebagai daerah terakhir yang akan dilewati fenomena langka Gerhana Matahari Total (GMT) 9 Maret 2016. Dan Mentawai menyiapkan acara menyambut datangnya GMT bertajuk, Total Solar Eclipse 2016. Salah satu acara, yakni ibadah lintas agama.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kep. Mentawai Desti Seminora kepada GoSumbar.com, Senin (7/3/2016). Disebutkan Desti, saat ini sudah banyak para peneliti, warga, warga dan turis mancanegara datang ke Pagai Selatan, Mentawai. Karena GMT terakhir akan terlihat di Pulau Pagai Selatan yang merupakan daerah terakhir di Indonesia yang dilewati gerhana.

Adapun acara yang digelar pada Rabu, 9 Maret 2016 itu, sambung Desti, berisikan aneka kegiatan diantaranya, pengamatan gerhana, pertunjukan kesenian tradisional Mentawai, kuliner tradisional, permainan tradisional, kembang api gerhana dan ibadah lintas agama.

Kabupaten Kepulauan Mentawai kini menjadi incaran banyak orang termasuk turis mencanegara. Bukan karena daerah itu baru saja dilanda gempa kuat beberapa waktu lalu, tapi mengejar fenomena alam Gerhana Matahari total (GMT) 9 Maret 2016.

Mentawai sendiri, menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasinal (Lapan) merupakan salah satu dari daerah di 12 provinsi di Indonesia yang dilintasi GMT. Daerah yang dilintasi GMT itu adalah Pulau Pagai Selatan, Kepulauan Mentawai.

Di Pagai Selatan GMT akan berlangsung selama 1 menit 54 detik. Dimana sinar matahari yang terang akan membuat daerah itu menjadi gelap gulita. "Hari yang terang akan berubah seperti senja untuk sesaat," kata Kapala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin. (***)

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/