Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Optimalkan Peran LPS, Pemko Padang Bidik Adipura di 2016

Optimalkan Peran LPS, Pemko Padang Bidik Adipura di 2016
Tim Adipura Kota Padang ketika berada di Kelurahan Kampung Pondok. (Humas)
Kamis, 03 Maret 2016 16:24 WIB

PADANG - Lembaga Pengelola Sampah (LPS) Kelurahan Kampung Pondok yang dinilai optimal dalam mengelola sampah rumah tangga warganya didapuk sebagai pola percontohan di Kota Padang. Sehingga LPS dikelola Hongky Victor dan kawan-kawan ini diharapkan sebagai modal untuk menggerakkan seluruh elemen masyarakat untuk meraih Piala Adipura 2016.

Lurah Kampung Pondok, Jasmi Abas selaku pembina LPS yang terbentuk sejak 2014 lalu itu menyambut baik perhatian dari dinas terkait di Pemko Padang untuk pengoptimalan peran LPS guna mengelola sampah rumah tangga. "Kami menyambut baik perhatian dinas dan badan terkait untuk pengoptimalan LPS Kampung Pondok dalam rangka meraih kembali piala Adipura. Karena memang di Kampung Pondok banyak terdapat titik-titik pantau penilaian Adipura," kata Jasmi disela menyambut kunjungan tim Adipura Kota Padang yang berasal dari Bapedalda dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan di Kantor Lurah Kampung Pondok, Kamis (3/3/2016).

Lurah Jasmi mengatakan, pengelolaan sampah rumah tangga di Kampung Pondok diserahkan sepenuhnya ke LPS. Sampah dari rumah diangkut pada jam-jam yang ditentukan oleh petugas pengelola ke lokasi penampungan sementara sehingga tidak ada sampah yang menumpuk di depan rumah. Warga pun secara teratur menaruh sampah yang sudah dikantongi.

"Dengan pengambilan yang rutin dan teratur, masalah sampah di Kampung Pondok dapat diatasi. Warga pun sangat terbantu dengan keberadaan LPS," ujar Jasmi.
Ketua LPS Kampung Pondok Hongky Victor mengungkapkan, ke depan pengelolaan sampah tidak terbatas sampai di pembuangan sementara. Pihaknya ingin memiliki truk sampah sendiri agar dapat mengangkut sampah langsung ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Aia Dingin. Dengan demikian tidak butuh lagi tempat pembuangan sementara yang justru menimbulkan bau yang mencemari lingkungan.

"Kita ingin sampah dari Kampung Pondok langsung diangkut ke Aia Dingin agar tidak ada lagi tumpukan sampah yang bau di lingkungan kita," kata pria yang memiliki nama Tionghoa, Liang Hong Foi itu.

Rencananya, pihak Bapedalda dan DKP Kota Padang akan mengupayakan pengadaan truk bagi LPS Kampung Pondok untuk pengoptimalan pengelolaan sampah di salah satu kawasan padat penduduk di Kota Padang tersebut. Diharapkan juga LPS di kelurahan lainnya di Kota Padang bisa juga lebih maksimal mengelola sampah rumah tangga seperti LPS Kampung Pondok ini guna merebut kembali piala Adipura. (DU/Yz/AA)

Editor:Calva
Kategori:Pemerintahan, GoNews Group, Padang
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/