Home  /  Berita  /  GoNews Group

Kamp Pengungsi Rohingya di Timbang Langsa Sudah Siap dan Layak Huni

Kamp Pengungsi Rohingya di Timbang Langsa Sudah Siap dan Layak Huni
Wasatgas Penanganan Pengungsi Rohingya, Suriyatno, AP.M.SP, didampingi Sekretaris Satgas, Khairul Ihsan, saat memimpin rapat persiapan pemindahan pengungsi.
Kamis, 03 Maret 2016 12:30 WIB
Penulis: Syafrizal
LANGSA - Kamp pengungsi warga Rohingya yang sedang dalam proses pembangunan di Gampong Timbang Langsa, Kecamatan Langsa Baroe, sudah siap 90 persen dan hanya tinggal finishing sehingga sudah layak huni.

Pengungsi yang selama ini tinggal di Kamp Kuala Langsa sudah bisa dipindahkan ke Kamp Timbang Langsa. Jika pun ada beberapa kekurangan fasilitas, dalam beberapa minggu ini sudah selesai.

Kondisi itu disampaikan oleh salah seorang anggota Satgas Penanganan Pengungsi Rohingya Kota Langsa, Doly Hutajulu, pada saat rapat persiapan pemindahan pengungsi Rohingya dari Kamp Kuala Langsa ke Kamp Timbang Langsa, Kamis (3/3/2016), di aula Sekretariat Pemko Langsa.

Sementara itu, untuk klinik kesehatan hanya beberapa persen saja yang belum selesai yakni lantai, sekat bangunan dan plafon.

"Mushala dua-duanya sudah bisa digunakan hanya tinggal tempat wudhu. Sedangkan, untuk ruang belajar, insya Allah minggu depan sudah finishing," kata Doly.

Pada kesempatan yang sama Wasatgas Penanganan Pengungsi Rohingya Kota Langsa, Suriyatno, AP.M.SP, menegaskan, pemindahan pengungsi Rohingya dari Kamp Kuala Langsa ke Kamp Timbang Langsa tidak bisa di tawar-tawar lagi, selambat-lambatnya tanggal 19/3/2016, sudah direlokasi. 

Sedangkan, sosialisasi kepada masyarakat Kuala Langsa dan masyarakat Timbang Langsa sudah bisa dilaksanakan. Untuk, mekanisme pemindahan akan diatur oleh Satpol PP dan WH, serta dibantu dengan pihak-pihak terkait lainnya.

Lanjutnya, pemenuhuan sarana dan prasarana pendukung lainnya seperti listrik sudah tidak ada masalah, persoalan air bersih maka tangki air yang ada di kuala langsa harus segera dipindahkan ke kamp Timbang Langsa dan air seperti biasa disediakan.

Untuk, mekanisme pengamanan seperti biasa sambil menunggu jika ada mekanisme yang baru. "Anggota pengamanan seperti biasa yang ada di Kuala Langsa, hanya saja dipindahkan ke kamp Timbang Langsa," ujarnya.

Rapat tersebut dihadiri Wasatgas Penanganan Pengungsi Rohingya, Suriyatno, AP.M.SP, Sekretaris Satgas, Khairul Ihsan, perwakilan Imigrasi Langsa, IOM, UNHCR, Wakapolsek Langsa Barat, Iptu. M.Nakhrowi dan serta sejumlah perwakilan lembaga yang selama ini telah membantu menangani pengungsi. ***

Kategori:GoNews Group, Umum
wwwwww