Home  /  Berita  /  GoNews Group
Wonderful Indonesia 2016

Angkut Wisman Jerman, Hamburg Cruise ke Pulau Sabang

Angkut Wisman Jerman, Hamburg Cruise ke Pulau Sabang
Ilustrasi Kapal Pesiar Jerman. (net)
Kamis, 03 Maret 2016 12:02 WIB
Penulis: Daniel Caramoy
SABANG- Pasca deregulasi yang diusulkan Kementerian Pariwisata, makin banyak cruise atau kapal pesiar yang merapat. Kali ini giliran kapal Hamburg Cruise yang menambatkan tali ke Pelabuhan Sabang, Aceh, Rabu (02/03/2016) kemarin.

Kapal yang membawa rombongan Wisman Jerman itu mendarat di Pelabuhan CT 1 BPKS, menurunkan ratusan wisman asal Jerman yang hendak mengeksplore objek wisata di ujung barat-utara Indonesia itu. ”Ada 306 Wisman Jerman dan 169 Crew yang turun dan menginjakan kaki di Sabang. Mereka happy berwisata di negeri tropis ini. Tentu, ketika kapal bersandar dan mereka berwisata, pasti akan membelanjakan Euro-nya untuk souvenir dan aneka keunikan di Aceh,” ujar Asisten Deputi Wisata Alam dan Buatan Kemenpar, Azwir Malaon di Jakarta.

Manfaatnya bukan hanya meningkat jumlah Wisman ke Indonesia, namun pergerakan di bidang ekonomi masyarakat juga akan terdongkrak. PR kita adalah, bagaimana agar bisa mensuplay barang ataupun jasa yang dibutuhkan oleh wisatawan itu. ”Pelabuhan Sabang ini adalah Pelabuhan yang baru saja berubah fungsinya yakni dari pelabuhan Industri menjadi pelabuhan bebas, maka dari itu rentetan perkembangannya menjadi pelabuhan Pariwisata, dan prosesnya berjalan baik di lapangan, itu menggerakkan ekonomi masyarakat,” sebut Azwir.

Kata Azwir, Hamburg Cruise merupakan Cruise yang ke-5 yang mendarat di Sabang. Empat sebelumnya adalah pada tanggal 2 Januari yakni MV Silver Shadow dengan membawa 232 wisman dan 449 crew. Pada tanggal 14 Januari kedatangan MV Seven Sea Voyager yang membawa 689 wisman dengan 489 crew. Sementara pada tanggal 21 Januari, Sabang kedatangan MV Seven Sea Voyager 682 wisman dengan membawa 449 crew. Sedangkan yang sebelumnya, pada tanggal 25 Januari, mendarat MS Hamburg dengan membawa 293 wisman dan 171 crew.

Semakin meningkatnya kunjungan Cruise ke Kota Sabang, membuat Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) juga mengajak travel agent dan semua pihak yang terkait agar dapat berkiprah mengembangkan sayapnya hingga ke Kota Sabang dan bisa melayani wisatawan dengan baik. “Inilah yang oleh Pak Menpar Arief Yahya sering disebut Indonesia Incorporated, spirit ke-Indonesiaan,” katanya.

Hal ini agar kebutuhan dalam menyambut wisatawan dapat terpenuhi dengan baik. Kepala BPKS Fauzi Husin yang diwakili oleh Deputi Komersial dan Investasi, Syafruddin Chan mengatakan, bahwa pertumbuhan kunjungan cruise ke Sabang ini harus juga disertai dengan kesiapan penyambutan yang maksimal. “Ini merupakan peluang bagi travel agent, dan juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, dan harus disikapi dengan maksimal,”ujar Syafruddin, belum lama ini.

Selain itu, masih kata Syafrudin, hal ini merupakan peluang bisnis untuk tumbuhnya travel-travel agent lainya di Kota Sabang, karena masih banyak agenda-agenda kunjungan cruise lainya pada tahun 2016 ini. ” Kita harus bisa menggiring mereka berwisata dengan paket wisata,”jelasnya.

Menpar Arief Yahya memang tidak hanya mengandalkan konsep promosi BAS-Branding Advertising Sale saja. Orang nomor satu di Kemenpar ini juga keliling ke simpul-simpul cruise dan yacht di Singapore dan Hongkong, agar Indonesia menjadi destinasi kapal dan perahu pesiar internasional. Saat ini yang sudah bisa didarati adalah Aceh, Medan, Jakarta, Semarang, Surabaya, Makassar dan Baubau. “Kami sedang merencanakan dan mendorong untuk membangun dermaga dan marina di kawasan pariwisata,” kata Menpar Arief Yahya.

Wisata Bahari, kata Mantan Dirut PT Telkom ini, adalah lahan yang belum terurus dengan optimal. Sejak Pemerintahan Presiden Jokowi, maritime menjadi focus untuk dikembangkan. “Karena itu, wisata yang berbasis maritime pun sedang kami genjot maksimal. Kita punya strength di maritime. Kita punya pantai banyak, pulau bayak, dan memiliki keindahan bawah laut yang tidak dimiliki oleh negara lain,” kata Arief Yahya. (*/dnl)

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/