Home  /  Berita  /  GoNews Group
Wonderful Indonesia 2016

Serba 119, Blue Sky Hotel Balikpapan Siap 'Pecahkan' Rekor MURI di Pesona GMT

Serba 119, Blue Sky Hotel Balikpapan Siap Pecahkan Rekor MURI di Pesona GMT
Blue Sky Hotel. (net)
Kamis, 25 Februari 2016 12:06 WIB
Penulis: Daniel Caramoy
JAKARTA- Gebrakan promosi Kementerian Pariwisata menyambut Pesona Gerhana Matahari Total (GMT) berefek viral. Industri hotel di Kalimantan Tinur berdegup kencang, menangkap "durian runtuh" di depan mata. Sebuah rekor MURI pun siap dipecahkan saat menyambut GMT, 9 Maret 2016, mendatang.

"Kita dibantu Tuhan, yang sudah menciptakan iven besar GMT ini. Kalau tidak dioptimalkan, di 12 provinsi yang dilintasi GMT, sayang sekali. Kesempatan langka yang hanya hadir setiap 350 tahun sekali," aku Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI yang juga penulis buku Great Spirit, Grand Strategy itu.

Arief Yahya mengapresiasi para Gubernur yang sangat agresif membantu promo bersama soal GMT ini. Ada spirit Indonesia Incorporated di event ciptaan Tuhan ini. Ke-12 provinsi yang dilewati bagian daratnya adalah Sumbar, Jambi, Bengkulu, Sumsel, Babel, Kalbar, Kalsel, Kalteng, Kaltim, Sulbar, Sulteng, Maltara. "Kreativitas pengelola tour operator dan travel agency juga bagus, mereka membuat banyak paket TSE Total Solar Eclipse," ungkap Menpar Arief Yahya.

Di peristiwa langka GMT, 9 Maret 2016 ini mereka tak ingin kecolongan. Pun juga industri perhotelan di Kalimantan Timur. Tema serba 119 jadi pilihan. Misinya, mengajak masyarakat untuk menggoreskan even ini ke dalam Museum Rekor Indonesia (MURI).

Inisiasi kegiatan ini digagas Blue Sky Hotel. Manajemen hotel mengaku ingin berpartisipasi memeriahkan acara nonton bareng GMT yang digelar Pemerintah Kota Balikpapan, Panitia HUT ke-119 Kota Balikpapan, dan dibungkus secara nasional oleh Kemenpar dalam promosi Wonderful Indonesia.

Pada kegiatan itu, Hotel Blue Sky memilih tema serba 119. Pihak hotel menyediakan 2.119 roti mantau fresh yang dapat dimakan secara gratis. Bahan utama pembuatan mantau juga berjumlah 119. Tepung yang disediakan bobotnya 119 Kg. Bahkan minyak untuk mengorengnya pun 119 liter. Rekor berbau 119 ini sedianya akan dicatatkan dalam Museum Rekor Indonesia (MURI).

“Di saat acara kami akan membagikan piring yang nantinya juga bisa digunakan untuk melihat gerhana matahari. Kami mengundang warga Balikpapan ramai-ramai datang saat acara nanti,” tutur Assistant General Manager Hotel Blue Sky Khairul Anam, Kamis (25/02/2016).

Agenda lain juga ikut disiapkan. Maklum, pada GMT nanti, Blue Sky Hotel mengaku kebanjiran turis asal Jepang. Kuliner khas Jepang seperti ramen dan sushi pun siap memanjakan turis asal Negeri Matahari Terbit itu. Semuanya, bisa dinikmati di Kaizeki Restaurant, Hotel Blue Sky Balikpapan.

“Salah satu menu unggulan dari restoran ini adalah Spicy Ramen Karameshoage. Isinya komplet. Mulai nori, telur, taoge, hingga irisan dada ayam goreng, semua ada.Dijamin nikmat,” bebernya.

Menu unggulan kedua yang disajikan yakni Sushi Half Bucket Roll. Satu porsinya terdiri dari 10 potongan sushi sedang dengan toping berupa saus mayones. “Saat dimakan, ada rasa manis bercampur gurih daging ikan salmon serta nori. Semua ini untuk memanjakan turis asal Jepang. Mudah-mudahan setelah GMT, mereka terkesan dan mau datang kembali ke Balikpapan,” harap Khairul. (*/dnl)

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77