Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Perbaiki Sarana Kesehatan, Pemkab Mentawai Bangun Dua Rumah Sakit

Perbaiki Sarana Kesehatan, Pemkab Mentawai Bangun Dua Rumah Sakit
Wagub Nasrul Abit didampingi Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet menyaksikan pembukaan Pekan Kesehatan Bumi Sikerei. (Humas)
Selasa, 23 Februari 2016 19:22 WIB

MUARA SIBERUT - Masyarakat Kepulauan Mentawai akan mendapatkan penambahan fasilitas kesehatan pada tahun ini. Hal tersebut disampikan oleh Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet seusai pencanangan Pekan Kesehatan Bumi Sikerei dan 7 Pesan Sikerei untuk Kesehatan Nusantara, Senin (22/02/2016) di Muara Siberut, Kepulauan Mentawai, Sumater Barat.

“Aka ada 2 (dua) penambahan Rumah Sakit, yakni di Pulau Siberut dan di Sikakap (Pulau Pagai Selatan),” ucap Yudas.

Kemudian Yudas, menjelaskan bahwa anggran untuk pembangunan Rumah Sakit tersebut sudah diajukan ke Kementeriaan Kesehatan dan mulai dibangun pada tahun ini.

"Kami sudah menyediakan tanah untuk di Pulau Siberut dan untuk di Sikakap akan segara kami selesaikan,” ujarnya.

Yudas juga menceritakan, saat ini di Kepulauan Mentawai hanya memiliki 1 Rumah Sakit Umum Daerah Type D yang terletak di Ibukota Kabupaten yaitu Tuapeijat.

“Semoga dengan penambahan fasilitas kesehatan ini akan menyelesaikan masalah yang ada pada masyarakat kami selama ini,” terang Bupati Kepulauan Mentawai tersebut.

Sebelumnya Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyatakan, untuk menangani masalah kesetahan di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Menteri Kesehatan RI sudah mensupport sebanyak 5% dari APBN.

“Hal tersebut disampiakan oleh Menteri Kesehatan RI pada Minggu malam (21/02/2016), pada acara pertemuan dengan jajaran kesehatan se-Sumatera Barat di Hotel Mercure, Padang,” sebutnya.

Lanjut, Wagub juga mengapresiasi Bupati Mentawai karena untuk anggaran kesehatan di Kepulauan Mentawai dari APBD sudah diatas angka 10%.

“Jadi nanti yang harus menjadi prioritas adalah bagaimana kesehatan dasar terlebih dahulu dibenahi, seperti : penuntasan penyakit malaria, gizi buruk, penurunan angka kematian bayi dan Ibu”sebutnya kembali.

“Dengan anggaran yang sudah ada dan jumlahnya cukup besar, saya berharap masalah kesehatan di Kepualauan Mentawai ini akan dapat di tekan terus” terangnya.

Nasrul Abit mengakui selama ini yang menjadi salah satu permasalahan di Kepulauan Mentawai adalah akses jalan.

“Nanti akan dibangun Trans Mentawai, jadi artinya akan ada jalan di pulau-pulau, sehingga akan lebih mempermudah masyarakat menuju pusat-pusat pelayanan kesehatan dengan cepat,“ kata Nasrul Abit. (Humas)

wwwwww