Home  /  Berita  /  GoNews Group

Bakal Digusur, Pedagang Kawasan Muaro Mengadu ke DPRD Padang

Bakal Digusur, Pedagang Kawasan Muaro Mengadu ke DPRD Padang
Pedagang Kawasan Muaro saat menyampaikan aspirasi ke DPRD Padang
Senin, 22 Februari 2016 17:31 WIB
Penulis: Agib M Noerman

PADANG - Puluhan pedagang di sepanjang Jalan Muaro Padang mengadu ke DPRD Padang sekaitan dengan rencana Pemko yang akan melakukan pembongkaran lapak-lapak tempat usaha di sekitar kawasan tersebut. Para pedagang berharap, anggota dewan menyampaikan aspirasi mereka ke Walikota Padang Mahyeldi Ansyarullah.

Menurut Koordinator Pedagang, Yanti (50), rencana eksekusi Pemko Padang hanya merugikan pedagang. Sebab, dengan pembongkaran ini lapak, pedagang tidak bisa berjualan. Padahal, kebutuhan keluarga diperoleh dengan hasil berjualan di kawasan tersebut.

"Kami akan kehilangan mata pencaharian. Dengan begitu kami tidak dapat menafkahi keluarga," ungkap Yanti yang disambut histeris oleh puluhan pedagang lainnya saat menyampaikan aspirasi, Senin (22/2/2016) di gedung DPRD Padang.

Pembongkaran lapak-lapak di Jalan Muaro oleh Pemko Padang akan dilakukan, Rabu (24/2/2016). Informasinya, sebelum mengeksekusi pembongkaran, Pemko melalui Dinas Pariwisata telah mensosialisasikan rencana tersebut ke pedagang sejak, Kamis (11/2/2016) lalu.

Para pedagang menyayangkan kebijakan Pemko Padang yang "main gusur" tanpa memberikan solusi. Pedagang mengharapkan kepada DPRD Padang, agar mendesak Pemko menunda pembongkaran dan memberikan alternatif yang jelas.

"Setelah pembongkaran kami dijanjikan satu unit gerobak untuk berjualan. Namun, realisasinya 6 bulan mendatang. Lalu, selama enam bulan tidak berjualan keluarga kami dikasih makan apa?" tanya pedagang lain Neneng dihadapan anggota dewan.

Terkait hal ini pun DPRD  melalui Komisi II, Bidang Ekonomi dan Keuangan menyikapi secara cepat dan lugas. Aspirasi puluhan pedagang segera dirapatkan. Seperti disampaikan Ketua Komisi II, Elly Thrisyanti, bahwa pihaknya bakal membicarakan ini secara lintas komisi.

Sebab, persoalan ini bersingungan dengan kesejahteraan rakyat dan hukum. Rencananya mulai hari ini akan digelar rapat. "Persoalan ini akan dibahas dalam rapat lintas komisi yang ada di DPRD Padang," ungkap Elly. (agb)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/