Home  /  Berita  /  Ekonomi

Gubernur Sumbar Benarkan Hanya Dua Orang Calon Direksi Bank Nagari yang Lulus Tes OJK

Gubernur Sumbar Benarkan Hanya Dua Orang Calon Direksi Bank Nagari yang Lulus Tes OJK
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno ketika diwawancarai wartawan usai serah terima jabatan, Sabtu (13/2/2016). (Foto: Calva/GoSumbar)
Minggu, 21 Februari 2016 08:35 WIB
Penulis: Calva

PADANG - Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Bank Nagari, yang berhasil memilih dua anggota direksi baru Bank Nagari yang habis masa jabatannya dipimpin langsung Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sebagai pemegang saham terbesar di Bank Nagari. 

Sebelum memimpin RUPS, Irwan Prayitno kepada wartawan, pada Hari Sabtu (13/2/2016) usai serah terima jabatan dengan penjabat gubernur di Auditorium Gubernuran Sumbar Jalan Sudirman Padang, menyebutkan, ini pekerjaan pertama ia sebagai gubernur pada periode kedua 2016-2021. Dan terpaksa menunda kunjungan ke lokasi-lokasi daerah yang terkena musibah banjir dan tanagh longsor di Sumbar beberapa waktu lalu.

Ketika ditanya wartawan soal calon diereksi yang lolos fit and propest tes oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Irwan menyebutkan ada dua yang lolos. "Ya ada dua yang diloloskan OJK, yakni atas nama Syafrizal dan Hendri," katanya ringkas.

Dalam RUPS yang dilaksanakan siang usai serah terima jabatan, Sabtu (13/2/2016) itu, kedua calon direksi yang lolos kemudian diangkat menjadi anggota dewan direksi baru menggantikan pejabat lama yang habis masa jabatannya.

Sebagaimana diberitakan, kedua orang direksi baru itu masing-masing Syafrizal, sebelumnya memimpin Divisi Teknologi dan Informasi, ditunjuk merangkap jabatan sebagai Direktur Operasional dan Pjs Dirut Bank Nagari menggantikan posisi Suryadi Asmi. Sedang Hendri, selain ditunjuk sebagai Direktur Kredit dan Syarriah juga diberi jabatan lain sebagai Direktur Kepatuhan.

Kedua orang yang menduduki jabatan rangkap ini adalah mereka yang lolos uji kelayakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dari 10 orang yang diusulkan para pemegang saham. RUPSLB yang dihadiri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan 19 kepala daerah kabupaten/kota itu, diadakan sejalan dengan telah habisnya masa jabatan empat direksi Bank Nagari, tanggal 14 Februari 2016 lalu.

Dalam menajemen baru, perseroan menetapkan lima direksi, dari yang sebelumnya hanya empat orang. Ke lima direksi itu masing-masing direktur utama, direktur keuangan, direktur kredit dan syariah, direktur operasional, serta direktur kepatuhan. Dan untuk mengisi kursi direksi yang kosong, pemegang saham akan melakukan RUPS lanjutan tanggal 27 atau 28 Februari mendatang.

Untuk diketahui, dari 10 nama itu, yang diusulkan menjalani tes ke OJK, hanya empat orang yang dipanggil ke OJK Medan, Sumatera Utara. Dan dari empat nama itu, hanya hanya Syafrizal dan Hendri yang dinyatakan lolos, sedang lainnya dikembalikan.

10 nama yang diusulkan mengikuti fit and propert test ke OJK adalah Amrel Amir, M Irsyad, Manar Fuadi, Widya Lestari, Irwan Zuldani, Hendri, Syafrizal, Haris Munandar, Yondrival dan Azmi Febrian. (***)

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77