Home  /  Berita  /  GoNews Group

Pemerintah Ekspor Mineral Mentah, Zulkifli Hasan: Sama Dengan Jual Tanah Air, Kasihan Anak Cucu Nanti

Pemerintah Ekspor Mineral Mentah, Zulkifli Hasan: Sama Dengan Jual Tanah Air, Kasihan Anak Cucu Nanti
Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan.
Kamis, 18 Februari 2016 19:03 WIB
Penulis: Daniel Caramoy
JAKARTA- Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan menyampaikan kekhawatiranya, karena dirinya melihat ada tanda-tanda Pemerintah akan mengizinkan kembali ekspor mineral dalam bentuk bahan mentah.

Rasa kuatir Zulkifli disampaikan ketika berbicara di depan sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Sulawesi Tenggara (Sultra) di Kendari, Kamis (18/02/2016) sore.

"Saya hanya menyampaikan agar pemerintah hati-hati, jangan sampai ada rencana untuk mengizinkan kembali ekspor mineral dalam bentuk bahan mentah," kata Zulkifli Hasan, yang juga politisi dari PAN.

Menurut Zulkifli, kalau sampai kran ekspor mineral mentah diizinkan kembali itu akan sangat merugikan. Karena harganya begitu murah. "Kalau kran sudah dibuka, itu sama saja dengan kita menjual Tanah Air," tegasnya.

Zulkifli juga mengingatkan, agar jangan sampai kebijakan membangun smelter diundur kembali. "Walaupun situasi ekonomi dunia begitu berat, tapi janganlah karena itu kita mundur kembali dan begitu saja membebaskan hasil-hasil tambang dalam bentuk bahan baku diekspor," tukasnya.

Zulkifli berharap, sesuai undang-undang, pemerintah disarankan membangun smelter dulu, dan kaalau ternyata tidak ada yang mampu menurutnya tidak jadi masalah. "Karena bahan mentah itu tidak kemana-mana. Lagi pula, jumlahnya terbatas, dan merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Kalau habis, ya habis, kasihan anak cucu, kasihan generasi akan datang, masa jadi penonton lagi," pungkas Zulkifli Hasan. (**/dnl)


wwwwww