Home  /  Berita  /  GoNews Group
Sukseskan Tafisa Games 2016

Lompat Batu Nias dan Engrang Siap Angkat Martabat Bangsa di Pesta Olahraga Rekreasi TAFISA Games 2016

Lompat Batu Nias dan Engrang Siap Angkat Martabat Bangsa di Pesta Olahraga Rekreasi TAFISA Games 2016
Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata, Sylviana Murn. (net)
Selasa, 16 Februari 2016 09:09 WIB
Penulis: Daniel Caramoy
JAKARTA- TAFISA Games 2016 yang akan digelar di Jakarta merupakan momentum kebangkitan budaya dan olahraga masyarakat lokal sekaligus mengangkat martabat bangsa. Kesenian tradisional seperti enggrang, lompat batu nias, terompah panjang dan layang-layang.

Kesenian lainya yang bakal dintonjolkan dalam TAFISA Games 2016 seperti, senam kreasi daerah, senam poco-poco, pencak silat budaya, sepeda tua (ontel), gulat tradisional dan sebagainya.

 “TAFISA Games 2016 di Jakarta menjadi sarana untuk mempercepat pengembangan budaya olahraga dan kesehatan masyarakat dunia. Sekaligus menjadi momentum kebangkitan budaya dan olahraga masyarakat lokal," ujar Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Alfitra Salamm, di Jakarta, Selasa (16/2/2016).

Alfitra yang juga Sekretaris Panitia Pelaksana TAFISA Games 2016 menambahkan, perhelatan olahraga rekreasi akbar tersebut, akan melibatkan setidaknya 12 ribu atlet dari sekitar 110 negara. "Untuk itu kita berharap adanya dukungan penuh masyarakat, karena acara tersebut juga bisa menjadi ajang mengangkat martabat Indonesia di mata bangsa-bangsa dunia. Kita harus bisa memanfaatkan momentum ini,"kata Alfitra.

Menurut Alfitra, TAFISA Games sebagai ajang pesta olahraga rekreasi sekelas olimpiade tersebut bakal digelar pada tanggal 6-12 Oktober 2016, di Jakarta. "TAFISA Games 2016 ini juga melibatkan 11 kementerian dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia serta Federasi Olahraga Rekreasi-Masyarakat Indonesia (FORMI)," tukasnya.

Sementara itu Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Budaya dan Pariwisata, Sylviana Murni mengatakan, TAFISA Games 2016 menjadi ajang pengembangan olahraga tradisional yang saat ini sudah hampir punah dan terlupakan. Bukan hanya olahrga tradisional Indonesia saja, tapi juga yang berasal dari seluruh dunia. "Suatu kehormatan bagi masyarakat Indonesia khususnya warga Jakarta untuk dapat menyaksikan beragam atraksi budaya dan olah raga rekreasi dari seluruh pelosok dunia," ungkap Sylviana yang juga Wakil Sekretaris Panitia Pelaksana TAFISA Games 2016.

Syilviana juga menghimbau, agar semua pihak dan khususnya warga Ibu Kota untuk mendukung penuh kegiatan ini. Sementara dari pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga sudah siap mengerahkan semua sumber dayanya untuk menyukseskan gelaran akbar ini.

"Pemprov DKI sudah menyatakan komitmennya untuk mendukung penuh acara ini, dari mulai dukungan SDM, hingga sarana prasarana agar TAFISA Games 2016 bisa berlangsung sukses,"katanya.

Pemprov DKI sendiri juga akan memanfaatkan iven ini sebagai upaya memperkenalkan beragam kawasan wisata unggulan serta budaya lokal yang belum banyak dikenal warga dunia. "Kami akan memperkenalkan potensi pariwisata di Ibu Kota, khususnya di kawasan-kawasan heritage yang tengah diusulkan kepada UNESCO," jelasnya.

Ditempat terpisah, Ketua Panitia Pelaksana TAFISA Games 2016, Hayono Isman mengatakan, ribuan delegasi dari berbagai negara akan ikut berkompetisi di berbagai venue yang tersebar di beberapa wilayah Jakarta. Diantaranya adalah Taman Impian Jaya Ancol, Jalan Sudirman-Thamrin dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Hayono juga menyatakan, Presiden Joko Widodo sendiri sudah memberikan dukungan penuh sejak jauh-jauh hari. Itu terbukti dengan terbitnya Keppres No 4/2015 . "Ini menjadi bukti komitmen Bapak Presiden yang begitu besar untuk suksesnya TAFISA Games 2016,"kata Hayono.

Menurut Hayono, Event bergengsi ini diperkirakan membutuhkan anggaran sebesar Rp 700 miliar. Besaran biaya tersebut berasal dari dua sumber, yakni dukungan pemerintah melalui APBN 2016 dan partisipasi masyarakat melalui kerjasama sponsorship.

Pada event TAFISA Games yang keenam ini, Indonesia bertekad mempromosikan berbagai olahraga rekreasi tradisional yang sudah berurat akar di masyarakat. (*/dnl)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/