Home  /  Berita  /  Peristiwa

Dinas Kesehatan Lakukan Pengobatan Keliling, Ribuan Korban Banjir di Solok Selatan Mulai Terserang Penyakit

Dinas Kesehatan Lakukan Pengobatan Keliling, Ribuan Korban Banjir di Solok Selatan Mulai Terserang Penyakit
Rumah rusak akibat terjangan banjir di Pasaman. (Humas)
Selasa, 16 Februari 2016 06:42 WIB

PADANG ARO - Ribuan warga yang terkena korban banjir di Kabupaten Solok Selatan, Sumbar, terserang penyakit. Data ini ditemui Dinas Kesehatan Solok Selatan ketika melakukan kunjungan ke berbagai daerah yang terkena musibah.

“Dari jumlah kunjungan, surveilan, dan pelayanan kesehatan keliling, sejumlah penyakit yang mulai menyerang warga yang menjadi korban banjir diantaranya gatal-gatal/infeksi kulit/dermatitis, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (Ispa), demam dan sakit perut/diare,” jelas Kepala Dinkes Solsel, sebagaimana dilansir solselkab.go.id, Sabtu (13/2/2016).

Terjangkitnya penyakit ini hampir merata di nagari yang dilanda banjir, seperti di Jorong Kampung Tarandam dan Batang Labuah Nagari Pasar Muaralabuh. Lalu Jorong Kiambang Nagari Koto Baru dan Jorong Binteang Nagari Bomas. “Sementara tempat lainnya tidak begitu ekstrem,” ujarnya.

Dinas Kesehatan telah membuka posko kesehatan di Puskesmas Muaralabuh serta memberikan pelayanan kesehatan keliling, dengan menggunakan Puskesmas Keliling sebanyak lima unit, satu dari RSUD Solok Selatan dan satu lagi dari PMI Sumbar.

Pihaknya mengerahkan 10 dokter untuk memberikan pelayanan kesehatan keliling, yang dibantu 30 orang perawat, 10 bidan desa dan tenaga surveilan sebanyak 10 orang. (***)

Editor:Calva
Sumber:Solselkab.go.id
Kategori:Peristiwa, GoNews Group, Solok Selatan
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/