Home  /  Berita  /  Umum

Jaga Kawasan TNKS Pessel, Petugas Selalu Lakukan Patroli Hutan

Jaga Kawasan TNKS Pessel, Petugas Selalu Lakukan Patroli Hutan
Kawasan TNKS. (jambiekspresnews.com)
Senin, 15 Februari 2016 06:41 WIB

PAINAN - Petugas Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) wilayah Kabupaten Pesisir Selatan, terus melakukan patroli pengawasan hutan di kawasannya guna memantau kondisi serta upaya pelestarian hutan di daerah setempat.

"Melalui patroli ini petugas TNKS akan dapat segera mengambil tindakan untuk mengantisipasi segala hal yang mengkuatirkan timbulnya kerusakan hutan di daerah ini, " kata Kepala Seksi Konservasi TNKS wilayah II Pesisir Selatan Surajiman, di Painan, kemaren sebagaimana dilansir laman resmi Pemkab. Pessel.

Patroli juga berguna untuk menciptakan lingkungan yang aman dan tenteram serta mencari dan menangkap pelaku pelanggaran hukum bidang kehutanan. Melalui patroli, petugas dapat melakukan fungsi pengawasan terhadap hutan di wilayah TNKS kabupaten setempat.

Ia berharap, dengan patroli tersebut maka kelestarian hutan, ekosistem habitat dan satwa yang ada di dalamnya dapat terjaga dengan baik. Untuk menjaga kelestarian hutan tersebut, Polisi Kehutanan dan petugas TNKS juga akan melakukan razia dan penyuluhan tentang pentingnya menjaga hutan kepada masyarakat.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, pelaksanaan patroli sebelumnya telah direncanakan dengan baik sehingga pada saat menemukan gangguan hutan, petugas yang melakukan patroli dapat mengetahui data dan informasi apa saja yang harus dikumpulkan.

Sesuai kewenangannya petugas TNKS akan menindak tegas para pelaku yang sengaja merusak hutan serta ekosistem di dalamnya. Pada kegiatan itu, petugas sekaligus melakukan pendataan habitat hewan yang ada di dalam kawasan TNKS.

Menurutnya, keberadaan hutan sangat penting bagi kelangsungan hidup satwa dan masyarakat yang berada disekitarnya. Jika hutan tidak dijaga dan dirawat maka tidak tertutup kemungkinan berbagai bencana seperti tanah longsor, banjir dan sebagainya akan menimpa.

"Kita mengimbau kepada seluruh masyarakat yang berada dan beraktifitas di sekitar kawasan hutan TNKS untuk sama-sama menjaga hutan karena sangat berguna untuk kelangsungan hidup manusia," harapnya.

Menjaga kelestarian hutan sangat penting dalam mengantisipasi berbagai dampak buruk dari kerusakan hutan seperti bencana banjir, tanah longsor dan gangguan binatang buas. Bila hutan tidak terjaga maka berbagai bencana tersebut akan mengancam manusia di sekitarnya. (***)

Editor:Calva
Sumber:Pesisirselatankab.go.id
Kategori:Umum, GoNews Group, Pesisir Selatan
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/