Home  /  Berita  /  GoNews Group

Ketua DPRD Padang, Erisman: Pembenahan Pantai Padang, Pemko Jangan Sampai Menciptakan Pengangguran Baru

Ketua DPRD Padang, Erisman: Pembenahan Pantai Padang, Pemko Jangan Sampai Menciptakan Pengangguran Baru
Ketua DPRD Padang Erisman saat berdiskusi dengan awak media, Rabu (10/2/2016) malam.
Kamis, 11 Februari 2016 11:50 WIB
Penulis: Agib M Noerman

PADANG - Meski mengapresiasi Pemerintah Kota Padang dalam membenahi Pantai Padang, namun Ketua DPRD Padang Erisman mengingatkan, langkah ini jangan sampai menciptakan pengangguran baru. Sebab, menurut Erisman penertiban kawasan Pantai Padang secara tidak langsung sudah mematikan usaha masyarakat sekitar.

"Sekarang tempat usaha masyarakat sudah dibongkar. Masyarakat tidak lagi pekerjaan yang bisa menghidupi keluarga mereka," kata Erisman ketika berdiskusi dengan awak media, Rabu (10/2/2016) malam.

Menurut Erisman, pembenahan kawasan Pantai Padang memiliki dampak sosial bagi masyarakat sekitar dan para pedagang yang selama ini menggantungkan hidup mereka dengan berjualan di kawasan tersebut. Pembongkaran ini, kata Erisman, sudah mematikan mata pencaharian mereka. Nah, Pemko Padang dalam hal ini juga harus memikirkan solusi dari dampak sosial ini.

Kader Partai Gerindra ini mendesak Pemko Padang segera mungkin memberikan solusi alternatif pekerjaan baru. Pemko Padang melalui Dinas Tenaga Kerja, tambah Erisman, harus melakukan pelatihan kepada warga sekitar penertiban.

"Bentuk pelatihannya bisa disesuaikan dengan geografis dimana masyarakat tersebut berdomisili," tegas Erisman.

Contoh lain yang diberikan Erisman, bisa saja Dinas Kelautan dan Perikanan memberikan modal pada masyarakat yang terkena dampak penertiban. Modal yang dimaksud yakni bantuan untuk mendapatkan biduk atau kapal suapaya mereka bisa melaut.

Sisi lain Erisman berharap pada masyarakat agar kreatif dan mandiri dalam setiap perubahan tata ruang Kota Padang. Kreatif dan mandiri yang dimaksudnya yakni masyarakat dapat memanfaatkan situasi untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

Dalam kesempatan itu Erisman menyinggung program penertiban Pantai Padang ini harus memiliki konsep yang jelas. Sebab, ada kekhawatiran berbagai pihak setelah penertiban tidak ada tindak lanjut dalam mengembangkan pariwisata. Kemudian, Erisman menyorot dalam program ini diharapkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemko Padang mampu bersinergi dengan baik. (agb)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/