Home  /  Berita  /  GoNews Group

BNPB Prediksi Banjir di Seluruh Daerah Masih Akan Berlanjut Hingga Maret, Kecuali Riau

BNPB Prediksi Banjir di Seluruh Daerah Masih Akan Berlanjut Hingga Maret, Kecuali Riau
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho (foto: Daniel)
Rabu, 10 Februari 2016 16:26 WIB
Penulis: Daniel Caramoy
JAKARTA- Badan Nasional Penanggulangan Benacana (BNPB) memprediksi curah hujan dan banjir masih akan terus berlangsung sampai bulan Maret 2016 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Rabu (10/02/2016), di Rung Konferensi Pers Lantai 11 Graha BNPB Jl. Pramuka Kav 38 Jakarta Timur.

"Adanya pengaruh elnino, menyebabkan musim curah hujan di Indonesia sedikit lambat. Puncak hujan umumnya adalah bulan Januari namun saat ini baru terjadi Februari, jadi prediksi kita curah hujan disertai angin dan bencana banjir masih akan berlangsung sampai akhir Maret 2016," jelas Sutopo.

Adapun daerah-daerah yang masih rawan hujan menurut Sutopo, berada di 103 Kabupaten di 23 Provinsi yang meliputi Pulau Sumatera, Jawa dan Sulawesi.

Namun menurut Sutopo, khususnya Provinsi Riau, pada bulan Maret 2016 justru berstatus waspada karhutla. "Ya khusus wilayah Provinisi Riau, pada bulan Maret statusnya waspada Karhutla, bukan waspada hujan. Karena menurut data dari BMKG, Riau pada bulan tersebut malah kemarau," pungkasnya. ***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77