Home  /  Berita  /  GoNews Group

Padang Panjang, Dari Sate Mak Syukur Hingga Minang Fantasy

Padang Panjang, Dari Sate Mak Syukur Hingga Minang Fantasy
Tugu Selamat Datang di Padang Panjang. (Humas)
Selasa, 09 Februari 2016 06:18 WIB

PADANG PANJANG - Padang Panjang berada di ketinggian lebih dari 700 mdpl sehingga memiliki suhu udara yang sejuk. Di bagian utara ada 3 gunung berjejer menghiasi sejuk dan indahnya kota Padang Panjang; Gunung Marapi, Singgalang, dan Tandikek.

Padang Panjang dikenal sebagai kota bernuansa islami, sejak abad ke-20 daerah ini telah menjadi tempat mendalami ilmu agama islam. Di kota ini berdiri sekolah agama Islam Sumatra Thawalib yang sudah terkenal keberadaannya. Setidaknya ada lima pondok pesantren ternama lainnya di kota ini yaitu Serambi Mekkah, Thawalib Putri, Diniyah Putri, dan Kauman Muhammadiyah. Di sini juga terdapat sekitar 54 Taman Pendidikan Al-Quran.

Untuk urusan kuliner: Padang Panjang adalah surganya rumah makan, mulai dari Sate Mak Syukur yang terkenal hingga rumah makan Pak Datuk dengan menu khas Martabak kubangnya, RM Aie Badarun dengan menu bubur campurnya yang sangat lezat. Dan juga jangan ketinggalaan menikmati bika, yang bisa dinikmati langsung dalam keadan hangat. Salah satu bika yang terkenal yaitu Bika Mariana.

Tahun 2010 Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan dua penghargaan kepada Kota Padang Panjang atas inisiatifnya memerangi rokok. Dua penghargaan itu adalah TAPS (Tobacco Advertisement, Promotion, and Sponsorship) dan Award For Significant Performance on Tobacco/Smoke Free Area Development.

Jika menjejakkan kaki ke Padang Padang impressi yang paling cepat timbul adalah Kota ini terlihat lebih bersih dari kota lain yang ada di Sumbar. “Kok bisa ya?” Bagaimana peran warga masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungannya? Apakah hal ini bisa dijadikan contoh oleh warga kota yang lain? Tentu saja pemimpin dan warga masyarakat Padang Panjang yang bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Yuk sanak..
Kita kunjungi Padang Panjang yang sedang menggeliat sexy memperlihatkan keindahan alam dengan begitu banyak destinasi wisata yang terdapat di daerah ini seperti:

Stasiun Kereta Api: Stasiun kereta api Padang Panjang dibangun pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1889 yang bertujuan untuk membawa batu bara dari sawah lunto ke kota Padang. Stasiun kereta api Padang Panjang merupakan stasiun kereta api terbesar di Sumatera Barat.

Minang Fantasy (Mifan) Water Park: Ikon pariwisata Kota Padang Panjang; tempat rekreasi keluarga terbesar, terlengkap, dan termodern di Sumatera.

Jembatan Tinggi: Setinggi 20 meter yang digunakan sebagai jalur rel kereta api Padang Panjang-Padang. Lokasi jembatan ini berada di dekat pintu gerbang masuk kota Padang Panjang tepatnya di daerah Silaing Bawah.

Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM): Terletak berdampingan dengan objek wisata Perkampungan Minangkabau yang menyediakan berbagai informasi dan dokumentasi tentang sejarah dan budaya Minangkabau baik berupa buku, mikrofilm, foto, dan informasi lainnya.

Masjid Asasi Sigando: Masjid tertua di Kota Padang Panjang, konon sekitar 400 tahun. Masjid ini dibangun penyebar agama Islam pertama di Padang Panjang yang berasal dari Air Bangis Pasaman. Luasnya sekitar 300 m² dengan ciri khas arsitektur Minangkabau yang berpanggung dihiasi ukiran khas. Lokasinya di Kelurahan Sigando Padang Panjang, berada sekitar 500 meter dari jalan utama Padang Panjang-Solok.

Lubuk Mata Kucing: Ingin merasakan mandi dengan air pegunungan? Datanglah ke objek wisata Lubuk Mata Kucing, terletak di kelurahan Pasar Usang Kecamatan Padang Panjang Barat. Lubuk Mata Kucing merupakan pemandian yang airnya bersih bagai air mata kucing, segar karena bersumber dari mata air di kaki Gunung Singgalang.

Karena kota ini bernuansa Islam maka Anda disarankan untuk berpakaian sopan dan menghormati kebiasaan masyarakat setempat. Salam PARESO! (Disarikan dari berbagai sumber)

Editor:Calva
Kategori:GoNews Group
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/