Home  /  Berita  /  Pemerintahan
Bencana Banjir Riau dan Sumbar

Khofifah: Jika Pemkab dan Pemprov Sudah Tak Ada Stok, Kemensos Akan Turun

Khofifah: Jika Pemkab dan Pemprov Sudah Tak Ada Stok, Kemensos Akan Turun
Menteri Sosial, Khofifah indar Parawansa, saat berkunjung ke Posko Asap di Riau. (foto: daniel)
Selasa, 09 Februari 2016 19:55 WIB
Penulis: Daniel Caramoy
JAKARTA- Terkait bencana banjir yang menimpa sejumlah daerah di Indonesia, khusunya Provinsi Riau dan Sumatera Barat. Kementerian Sosial RI menginstruksikan pihak Pemkab dan Pemprov segera turun membantu korban baik yang terdampak langsung maupun yang sudah tinggal di posko evakuasi.

Hal tersebut disampaikan Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa saat dikonfirmasi GoRiau.com (GoNews Group), Selasa (09/02/2016) malam.

"Khususnya untuk bantuan pangan saat ini pihak Pemerintah Kabupaten sudah bisa mencairkan atau mengeluarkan cadangan beras 100 ton. Jika cadangan tersebut masih kurang, maka pihak Pemprov dalam hal ini Gubernur juga bisa mengeluarkan cadangan beras sebanyak 200 ton," ungkap Khofifah.

Namun dalam mengeluarkan beras cadangan tersebut, dirinya menyebutkan baik Pemkab dan Pemprov harus mengeluarkan Surat Keputusan (SK) darurat.

"Jika memang dari Pemkab dan Pemprov tidak cukup, nanti dari Kemensos akan turun langsung. Saat ini yang jelas seluruh Dinas Sosial yang ada di Pemkab dan Pemprov untuk fokus terlebih dahulu membantu para korban banjir khususnya yang berada di posko evakuasi, tentunya dengan bekerjasama dengan instansi terkait seperti BPBD dan Dinas Kesehatan," jelasnya.

Sementara dihubungi secara terpisah, Kepala Pusat Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada GoRiau.com menjelaskan, saat ini pihaknya juga sudah menginstruksikan kepada BPBD untuk bertindak cepat dalam penanganan musibah banjir tersebut.

"Semua tim di daerah sudah bergerak cepat, mereka menyebar ke seluruh wilayah yang terdampak banjir. Dan jika tidak ada halangan besok kita juga akan memaparkan langsung mengenai penanganan bencana banjir oleh BNPB jam 13.00 WiB, di Ruang Konfrensi Pers lantai 11 Graha BNPB Jakarta Timur," pungkasnya. ***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77