Home  /  Berita  /  GoNews Group

Antisipasi Terulangnya Tahanan Kabur, Pihak LP Kelas II A Biaro Bukittinggi Segera Rehab Lapas

Antisipasi Terulangnya Tahanan Kabur, Pihak LP Kelas II A Biaro Bukittinggi Segera Rehab Lapas
Salah satu ruangan di Lapas Kelas II A Biaro, Bukittinggi.
Selasa, 09 Februari 2016 19:24 WIB
Penulis: jontra
BUKITTINGGI - Guna mengantisipasi kasus tahanan kabur yang kerap terjadi selama beberapa bulan belakangan ini, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Bukittinggi akhirnya mulai direhabilitasi.

Proses rehab yang dilakukan saat ini adalah bagian dinding dan daun pintu ruangan Lapas, karena selama ini, bagian dinding dan pintu inilah yang menjadi salah satu celah bagi para narapidana untuk kabur.

Menurut Kepala Lapas (Kalapas) Klas IIA Bukittinggi, Tomy K, rehabilitasi yang dilakukan di Lapas Klas IIA Bukittinggi saat ini adalah mengganti daun pintu ruangan tahanan laki-laki dan perempuan yang kesemuanya berjumlah sebanyak 34 pintu.

“Dinding dan daun pintu yang ada saat ini sudah berumur tua, terutama dinding yang intensitasnya rendah pada bagian selatan Lapas. Kami mengganti daun pintu sebanyak 34 buah, dari yang sebelumnya daun pintu terbuat dari kayu, sekarang diganti menjadi daun pintu besi, termasuk untuk sel penghuni wanita. Semua ini kami lakukan atas inisiatif sendiri guna mencegah maraknya tahanan kabur,” ungkap Tomy K, pada GoSumbar, Selasa 9 Februari 2016.

Dikatakan juga oleh Tomy, sebagai langkah awal perbaikan dinding, pihaknya akan melakukan perbaikan dinding di belakang sel tahanan laki-laki dengan menambah tinggi dinding. Saat ini, tinggi dinding sekitar 2,5 meter dan akan direhab menjadi enam hingga 10 meter.

“Total panjang dinding ada sekitar 500 meter. Namun yang kami usahakan dahulu adalah yang didekat sel tahanan prianya. Dinding tersebut dinaikkan setinggi enam meter plus kawat berduri, semoga upaya ini bisa menjadi antisipasi atas kasus yang kerap terjadi selama beberapa bulan belakangan ini, "pungkasnya. (**)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/