Home  /  Berita  /  Peristiwa

Banjir Nyaris Tenggelamkan Kantor Mapolsek Pangkalan Limapuluh Kota, Jalur Sumbar-Riau Masih Putus

Mobil terendam banjir di Mapolsek Pangkalan.Mapolsek Pangkalan yang nyaris tenggelam.
Senin, 08 Februari 2016 11:21 WIB
Penulis: M Siebert

PANGKALAN - Musibah banjir yang menerjang kawasan Pangkalan, Limapuluh Kota, Sumbar membuat warga mengungsi dan ratusan bangunan terendam banjir. Bahkan, banjir nyaris menenggelamkan Kantor Mapolsek Pangkalan. Kepala BPBD Limapuluh Kota, Nasrianto, kepada GoSumbar, Senin (8/2/2016) di sela-sela mendampingi Penjabat Bupati Limapuluh Kota Yendri Tomas meninjau banjir, menyebutkan, khusus di Pangkalan hampir 80 persen daerah tergenang banjir.

Bahkan bangunan di kawasan Batang Maek yang meluas, nyaris tenggelam, termasuk Markas Polsek Pangkalan, dan menyebabkan arus lalu lintas jalur Sumbar-Riau lumpuh.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Ribuan rumah di sejumlah kawasan di Kaputen Limapuluh Kota, Sumbar terendam banjir. Banjir terparah terjadi di Pangkalan, Kapur IX. Akibatanya warga di kawasan tersebut terpaksa diungsikan. Sementara itu, Jalan lintas Riau-Sumatera Barat, tepatnya di daerah Pangkalan Kota Baru masih terendam banjir akibat Batang Maek, dan menyebabkan hubungan Sumbar-Riau terputus.

Kepala BPBD Limapuluh Kota, Nasrianto, kepada GoSumbar, daerah yang terendam banjir terjadi di Kecamatan Pangkalan, apur IX, Harau, Lareh Sago Halaban, Payakumbuh, Mungka, Suliki, Mungka dan Bukit Barisan.

"Bahkan di Durian Tinggi Kecamatan Kapus IX terjadi banjir bandang. Sedangkan musibah tanah longsor terjadi di Koto Tangah dan Meek Kecamatan Kapus IX," ujar Nasrianto didampingi Kasi Trantib Kantor Camat Pangkalan, Sudirman.

Khusu di Pangkalan, titik banjir berada di Jorong Tigo Balai, Kenagarian Pangkalan, setelah kantor Polsek Pangkalan yakni titik banjir persisnya di Rangkiang sebelum jembatan. Air mencapai pinggang orang dewasa sehingga kendaraan di dua arah tidak bisa melintas. (***)

Editor:Calva
Kategori:Limapuluh Kota, Peristiwa
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/