Home  /  Berita  /  GoNews Group

Kapolda Sumbar Kunjungi Dharmasraya, Ajak Warga Tangkal Radikalismen

Kapolda Sumbar Kunjungi Dharmasraya, Ajak Warga Tangkal Radikalismen
Kapolda Sumbar Brigjen Pol Basarudin bersama Penjabat Bupati Dharmasraya H. Syafrizal. (Humas)
Jum'at, 05 Februari 2016 05:57 WIB
Penulis: Eko Pangestu

DHARMASRAYA - Kapolda Sumbar Brigjen Pol. Drs. Basarudin, SH, MH mengajak seluruh masyarakat Sumbar, agar berhati-hati dan tetap waspada dengan paham radikalisme dan aliran yang menyimpang. “Jangan sampai terlena, terkecoh dengan propaganda dari ajaran dan paham-paham yang menyesatkan kita. Selalu waspada dan ingatkan kelurga kita agar tidak terpancing dan mengikuti mereka,” kata Kapolda. 

Penegasan ini disampaikan Kapolda ketika berkunjung ke Kabupaten Dharmasraya, Sumbar, Kamis (4/2/2016). Dalam kunjungannya itu, orang nomor satu di jajaran Kepolisian Provinsi Sumbar itu sekaligus silaturrahmi dengan jajaran Forkopimda, Pemkab Dharmasraya, tokoh masyarakat Dharmasraya. Kegiatan yang penuh keakraban tersebut dipusatkan di Audithorium Dharmasraya.

Kapolda Sumbar yang baru ini juga menyebutkan, Kabupaten Dharmasraya memiliki potensi alam yang sangat banyak dan memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Jika potensi alam yang banyak ini tidak dapat dikelola dengan baik, maka akan berdampak buruk terhadap masyarakat dan daerah.

“Tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan hasil alam yang melimpah dapat mengundang berbagai macam tindak kejahatan. Selain itu, saat ini kita sedang mengalami inflasi yang cukup tinggi yakni 8,3 persen. Dengan tingginya inflasi akan berdampak pada banyaknya pengangguran, tingginya angka kemiskinan, yang dapat
mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat,” papar putra kelahiran Brebes tersebut.

Dengan kondisi yang demikian, Polisi wajib berpartisipasi dalam menghadapi inflasi tersebut. Polisi bersama pemerintah daerah harus saling berkoordinasi dan bekerjasama dalam mengontrol harga, sehingga tidak ada yang mempermainkan harga seenaknya dan menimbun barang.

Di Samping itu, kepada masyarakat yang mengelola bidang pertambangan, Kapolda berpesan agar dapat mengikuti aturan-aturan yang berlaku. “ikutilah aturan dan perda yang berlaku, jangan melakukan illegal mining yang merugikan masyarakat dan daerah,” himbau mantan Wakapolda Sumut dan Yogyakarta tersebut.

Sedangkan Penjabat Bupati Dharmasraya, H. Syafrizal mengucapkan selamat datang kepada Kapolda Sumbar berserta rombongan. “Atas nama masyarakat dan Pemerintah Daerah, kami mengucapkan selamat datang di bumi Ranah Cati Nan Tigo kepada Bapak Kapolda Sumbar beserta rombongan. Kami juga mengucapkan selamat kepada Bapak Brigjen Pol. Drs. Basarudin, SH, MH atas kepercayaan negara dan masyarakat dengan ditunjuknya Bapak sebagai Kapolda Sumbar. Kami mendoakan semoga bapak sukses dalam melaksanakan tugas dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat di Ranah Minang,” ujar Bupati.

Dikatakan Bupati, sebagai daerah perbatasan yang memiliki tingkat perekonomian yang tinggi. Kabupaten Dharmasraya sangat rentan terhadap tindak kejahatan dan peredaran narkoba yang akan merongrong stabilitas keamanan dan ketertiban di masyarkat.

“Mengingat letak yang strategis dan berada di daerah perbatasan serta dilalui jalur lintas Sumatera, potensi terhadap gangguan keamanan dan ketertiban cukup tinggi, seperti pencurian kendaraan bermotor, pencurian dengan kekerasan dan kecelakaan lalu lintas. Atas kondisi demikian kami berharap kepada Bapak dapat mengajukan program pembangunan kantor polsek di tujuh kecamatan. Yang pada dasarnya sudah difasilitasi dalam bentuk penyediaan lokasi,” harap bupati.

Disamping itu, Bupati juga berharap agar di bumi mekar ini juga dapat memprogramkan pembangunan markas Brimob, yang nantinya dapat meperkuat tugas dan fungsi Polda dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di bumi Dharmasraya ini. (***)

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77