Home  /  Berita  /  GoNews Group

Ada Danau Airnya Mirip Laut di Pasaman Barat, Tertarik, Silahkan Daki Gunung Tuleh

Ada Danau Airnya Mirip Laut di Pasaman Barat, Tertarik, Silahkan Daki Gunung Tuleh
Danau Laut Tinggal Pasaman Barat nan mempesona. (pasamanbaratkab.go.i)
Sabtu, 06 Februari 2016 15:24 WIB

SIMPANG AMPEK - Kabupaten Pasaman Barat yang terkenal dengan luasnya hamparan kebut sawit dan perkebunan lainnya, juga menyimpan potensi pariwisata. Bahkan, geliat dunia pariwisata Kabupaten Pasaman Barat makin menarik karena kabupaten ini memiliki destinasi wisata yang cukup banyak mencakup berbagai segi. Mulai dari wisata bahari, wisata pegunungan, wisata jelajah alam, wisata budaya dan religi.

Salah satunya berada di Nagari Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar). Di nagari ini terdapat wisata Danau Laut Tinggal yang mempunyai luas sekitar 1,3 Km. Danau Laut Tinggal diapit oleh dua gunung, yaitu Gunung Bendera dan Gunung Malintang serta dikelilingi oleh perbukitan yang sangat mempesona. Airnya mirip air di lautan.

Danau tersebut terletak di Kejorongan Sitabu Untuk ke sana kita menggunakan alat transportasi sepeda motor, namun dari Sitabu menuju danau laut tinggal tidak dapat menggunakan alat transportasi lagi melainkan dengan jalan kaki. Hal ini disebabkan jalan dari Sitabu menuju Simpang Lolo hanya ada jalan setapak yang medanya tidak begitu menyulitkan pejalan kaki.

Expedisi Masril Ketua KPA pelangi, Helju Ketua LSM Wampel, Robi Pegawai Dinas Pariwisata Pasbar melakukan perjalan pada hari jumaat tanggal 22 sampai 26 Januari 2016 lalu dilaporkan, lama perjalanan dari Sitobu memerlukan waktu selama delapan jam jalan kaki menuju sosopan dan dari sosopan kita memerlukan waktu selama 6 jam untuk sampai di Danau Laut Tinggal.

Dalam perjalanan ke Danau Laut Tinggal berbagai perkampungan dan sungai seperti halnya Simpang Lolo menuju Aek Mariam jalan yang dilewati juga menelusuri pinggiran sungai untuk menuju Sosopan harus melewati jalan sungai karena Sosopan berada di hulu sungai.

Tak kalah menariknya di sosopan ada air tujuh rasa sosopan di kenal dengan air hangat tempat pemandian terapi berbagai penyakit, air satu dua dan tiga terdapat rasa pahit, kelat dan asam apabila ketiga air dicampur air akan berubah warna menjadi hitam begitu juga dengan air empat, lima ,enam dan tujuh berbagai macam rasa ada rasa manis, rasa nano-nano pahit dan asin.

Selain hutanya yang masih perawan potensi alamnya sangat menarik sangat banyak terdapat flora dan fauna yang masih langka sangat dilindungi, rasa air asam warna danau hijau toska, tidak ada sumber air yang mengalir di danau angin berputar disekitar danau sangat kencang, ketinggian 1500 dari permukaan laut jika pengunjung datang sebaiknya jangan mendirikan tenda di pinggir danau.

Selain itu tidak ada hewan yang hidup di Danau tersebut, baik ikan maupun hewan lainnya. Belum ada penelitian lebih lanjut apa yang menyebabkan tidak adanya hewan yang hidup di danau ini.

Keindahan alam sekitar danau rasanya akan menjadi daya tarik tersendiri. Memang saat ini daerah Danau Laut Tinggal belum dikelola dengan baik, akan tetapi potensinya yang luar biasa dapat menjadi aset yang berharga bagi Kabupaten Pasamana Barat kedepan. (***)

Editor:Calva
Sumber:Pasamanbaratkab.go.id
Kategori:Pasaman Barat, GoNews Group, Umum
wwwwww