Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Puji Bupati Siak, Prof Djamil: Siskohat Ini Jadi Percontohan di Indonesia

Puji Bupati Siak, Prof Djamil: Siskohat Ini Jadi Percontohan di Indonesia
Usai meresmikan Siskohat, Prof Abdul Jamil melihat alat musik komet di Istana Siak. (foto:humas siak).
Kamis, 04 Februari 2016 16:07 WIB
SIAK SRI INDRAPURA - Direktur Jenderal Urusan Haji Kementerian Agama RI Prof Abdul Djamil memberikan pujian kepada Bupati Saik H Syamsuar yang telah mengagas terbentuknya Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat). Keberadaan kantor pelayanan terpadu haji di Komplek Kantor Kementerian Agama Kabupaten Siak yang berada di Komplek Perkantoran Sungai Betung Kecamatan Siak ini, tentunya akan memberikan kemudahan bagi Jamaah Calon Haji (JCH) dalam mengurus semua proses administrasi.

"Ini terobosan yang luar biasa. Ini pertama di Indonesia dan akan dijadikan sebagai pusat percontohan bagi daerah lain, yang ingin membuat Siskohat di daerah masing-masing," kata Abdul Jamil, Kamis (4/2/2016) di Siak Sri Indrapura.

Dengan adanya Siskohat ini, lanjutnya, masyarakat yang akan berniat menunaikan ibadah haji maupun umroh, tidak lagi direpotkan dengan berbagai prosedur selama ini.

"Kalau dengan sistem ini, JCH tak perlu bolak balik lagi ngurus administrasi ke Kantor Kementerian Agama, stor uang ke bank," jelasnya.

"Kalau warga yang di kota barang kali bisalah urusannya gampang. Rumah dekat kemana-mana. Kalau dari kampung dan jaraknya jauh, mereka akan repot. Bisa cari penginapan dulu, banyak waktu tersita" kata Djamil.

"Dengan Siskohat, dalam hitungan jam, urusan administrasi haji dan umrah beres, sebab sudah ada pejabat Kementerian Agama dan petugas bank yang langsung melayani, apalagi bisa lewat internet. Mudah-mudahan, daerah lain segera mengikuti langkah yang sudah digagas Bupati Siak ini," pungkasnya.

Selain meresmikan Siskohat, Djamil juga meresmikan Asrama Haji Sultan Yahya yang sudah berdiri megah di Kota Siak.

Tampak hadir pejabat dari Kemenag, Kakanwil Agama Riau, Tarmizi Tohor, Bupati Siak H Syamsuar, Wakil Bupati Siak H Alfedri, Ketua DPRD Siak Indra Gunawan, Dirut Bank Riau Kepri Irvandi Gustari, Forkopimda serta ratusan undangan lainnya.rls

Editor:Satria Donald
Kategori:Pemerintahan, GoNews Group
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/