Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Penjabat Bupati Pesisiri Selatan: Percantik Daerah, Mari Kelola Sampah Agar Tak Jadi Persoalan Besar

Penjabat Bupati Pesisiri Selatan: Percantik Daerah, Mari Kelola Sampah Agar Tak Jadi Persoalan Besar
Lokasi TPA sampah di Gunuang Bungkuak Painan. (Humas)
Kamis, 04 Februari 2016 06:51 WIB
Penulis: Calva

PAINAN - Penjabat Bupati Pessel, Alwis menegaskan, sampah akan menimbulkan persoalan yang besar bagi lingkungan dan masyarakat bila tidak dikelola secara baik. Agar hal itu tidak menimbulkan dampak buruk, maka perlu kepedulian bersama dalam melakukan pengendalian dan pengelolaan sampah.  

Penegasan ini disampaikan ketika ia bersama pejabat terkait meninjau lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gunuang Bungkuak, Kecamatan IV Jurai, akhir bulan Januari 2016 lalu. Peninjauan itu juga diikuti Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Era Sukma Munaf, Kepala Bidang Kebersihan, Sugeng Terisno serta Kepala Badan Lingkungan Hidup, Khairul Effendi.

Disebutkan Alwis, saat ini, Pessel telah menjadi salah satu daerah tujuan wisata yang cukup ramai. Supaya rasa aman, nyaman dan indah bisa dinikmati oleh pengunjung, maka kebersihan lingkungan harus tetap terjaga.

"Tanggung jawab kebersihan ini bukan saja berada di pundak petugas kebersihan atau dinas terkait, tapi merupakan tanggung jawab bersama, baik aparatur maupun masyarakat," katanya dilansir dari laman resmi Kabupaten Pesisir Selatan, Kamis (4/2/2016).

Disebutkan, mengingat begitu besarnya dampak yang bisa timbulkan bila sampah tidak dikelola secara baik, maka ia mengajak aparatur dan masyarakat untuk terus meningkatkan budaya bersih, baik di lingkungan pemerintah, kawasan wisata dan lingkungan tempat tinggal.

"Saat ini pengelolaan sampah bisa dilakukan lebih maksimal lagi. Sebab, selain mendapat penambahan areal TPA seluas 2,6 hektare yang berlokasi di Gunuang Bungkuak, Kecamatan IV Jurai, daerah ini juga mendapatkan bantuan 2 unit alat berat berupa eskavator dan dump truk. Dua sarana ini akan memaksimalkan sistem pengelolaan persampahan dan air limbah di daerah ini," jelasnya. (***)

Sumber:Pesisirselatankab.go.id
Kategori:Pemerintahan, GoNews Group, Pesisir Selatan
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/