Home  /  Berita  /  GoNews Group

Pekanbaru Kota Investasi Terbaik di Indonesia

Pekanbaru Kota Investasi Terbaik di Indonesia
Kondisi kemajuan dan perkembangan pembangunan yang pesat terkini di kota Pekanbaru.
Kamis, 28 Januari 2016 12:04 WIB
Penulis: Fahrul Rozi
PEKANBARU - Kota Pekanbaru terus menggeliat sebagai kota pusat pertumbuhan ekonomi dan investasi paling prospektif di Indonesia.

Berbagai penghargaan sebagai kota investasi telah diterima sejak berpacunya perbaikan pelayanan dibawah kepemimpinan pasangan Walikota dan Walikota Firdaus-Ayat Cahyadi.

Berdasarkan survei yang pernah dilakukan Universitas Indonesia tahun 2013 terhadap kota-kota di Indonesia untuk dijadikan tujuan investasi bagi para pengusaha, Pekanbaru dipilih sebagai tujuan investasi terbaik nomor 1. Hal itu terlihat nyata dari kondisi riil saat ini dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi dan investasi, keamanan yang terjamin dan pelayanan yang memadai.

Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus MT mengatakan, prestasi ini bukti pengakuan terhadap potensi investasi yang ada di Pekanbaru sebagai pemacu untuk membangun dunia usaha dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA).

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28012016/investasi2-3893.jpgSalah satu perusahaan besar Ciputra Grup membangun perumahan Citraland.

"Pekanbaru sebagai daerah investasi diakui nasional dengan penghargaan dua tahun berturut-turut. Semoga ini jadi motivasi kami bersama membangun dunia usaha dalam menghadapi MEA," katanya.

Walikota menyebutkan, dalam setahun terakhir, target investasi Pekanbaru sendiri meningkat signifikan atau naik sekitar Rp5,7 triliun. Meningkatnya realisasi ini ditandai banyaknya investor yang masuk ke Pekanbaru untuk memulai bisnis. Hal ini juga tidak terlepas dari letak geografis kota Pekanbaru sebagai jalur utama transportasi di Riau.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28012016/investasi3-3892.jpgProyek pengembangan hotel dan apartemen The Peak di Jalan Ahmad Yani.

"Selain itu, penduduk Kota Pekanbaru juga mudah menerima hal-hal baru. Penduduk kita heterogen, cocok untuk dunia usaha. Keamanan juga stabil dan yang paling penting Pekanbaru mudah dijangkau," tukasnya.

Walikota melanjutkan, banyak peluang investasi yang tersedia, mulai dari yang kecil hingga yang berskala besar seperti di sektor kuliner, pembangkit listrik, perhotelan hingga industri turunan kelapa sawit.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28012016/investasi4-3891.jpgWalikota Pekanbaru saat meninjau pelayanan di Badan Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal (BPTPM).

Selain itu, peluang investasi lainnya yakni perumahan baik kelas menengah maupun perumahan elit. Malahan saat ini semakin banyak rumah toko (ruko) yang berkembang ketiga penjuru Pekanbaru yakni Tampan, Tenayan Raya dan Rumbai.

Itu semua merupakan hasil upaya keras Pemerintah Kota Pekanbaru untuk semakin meningkatkan daya tarik investor berinvestasi di Kota Pekanbaru dengan meningkatkan kualitas pembangunan empat infrastruktur dasar yaitu jalan, angkutan umum, air minum, listrik dan telekomunikasi guna memacu laju pertumbuhan ekonomi dan perkembangan kota.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28012016/investasi5-3890.jpgWalikota Firdaus meninjau progres pembangunan jalan lingkar Luar Pekanbaru.

Untuk pembangunan infrastruktur jalan, dari 2012 sampai 2013 Pemko Pekanbaru melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air telah membangun jalan sepanjang 129 km, yang terdiri dari peningkatan kualitas jalan, pembangunan trotoar serta pelebaran jembatan.

Pada tahun 2014, pembangunan jalan dan trotoar terus mengalami peningkatan, seperti kualitas jalan sepanjang 56,338 km, overlay hotmix sepanjang 10 km, pengerasan sepanjang 14,877 km, trotoar sepanjang 4,6 km, pelebaran sepanjang 4,785 km dan rigit 2,085 meter.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28012016/investasi6-3889.jpgProyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Kecamatan Tenayan Raya.

Untuk pembangunan jalan pada 2015 lalu, Pemko juga melakukan pada jalan lingkar luar guna membuka akses baru bagi pengembangan kota ke arah Kecamatan Tenayan Raya.

Untuk sistem transportasi, Pekanbaru terus memperkuat jaringan Sistem Angkutan Umum Masal (SAUM) dengan diaktifkannya Trans Metro Pekanbaru (TMP). Selanjutnya perbaikan fasilitas air minum dengan melakukan kerjasama pengelolaan air minum dengan perusahaan Korea.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28012016/investasi7-3888.jpgWali Kota Pekanbaru Dr Firdaus ST MT menerima penghargaan untuk kategori kota tujuan investasi terbaik Pro Otonomi Award 2016 dari Riau Pos Grup.

Infrastruktur yang tidak kalah penting adalah listrik. Pemko Pekanbaru sudah melakukan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap di Tenayan 2 x 100 MW dan kembali pada tahun ini Pembangkit Listrik Tenaga Gas 2 x 120MW juga di Tenayan.

Sedangkan telekomunikasi, Pekanbaru sudah membangun jaringan kabel bawah tanah (fiber optik) sebagai alternatif mengatasi padatnya perkembangan jaringan kedepan. Selain itu juga mulai dibangun gedung pusat data cyber city. Dengan jaringan ini, Pekanbaru akan menerapkan pusat data terbesar di Sumatera.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28012016/investasi8-3887.jpgWalikota Pekanbaru Dr. H Firdaus MT menerima sertfikat dan cindera mata dari Sekjend DPP REI atas prestasi Pekanbaru sebagai Kota Terbersih di Indonesia tahun 2015.

Upaya lain untuk mendukung pengembangan Kota Pekanbaru sebagai pusat investasi, Pemerintah Kota Pekanbaru juga menggalang kerjasama antar kawasan perbatasan kabupaten dan kota melalui kesepakatan Pekan Sikawan (Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan). Tiga daerah ini akan mendukung pengembangan Pekanbaru menjadi kota Metropolitan yang terintegrasi.

Untuk pelayanan, Pemerintah Kota Pekanbaru sudah lama menerapkan pelayanan perizinan satu atap melalui Badan Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal (BPT-PM) dengan memberikan kemudahan bagi investor untuk mendapatkan perizinan yang cepat.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28012016/investasi9-3886.jpgWalikota Pekanbaru Firdaus menerima penghargaan Sindo Weekly Goverment Award, sebagai kota investasi dan tata kelola pemerintah terbaik 2015.

Bahkan tidak cukup sampai disitu, guna menjangkau usaha masyarakat hingga ke pelosok, BPT-PM Kota Pekanbaru juga meluncurkan program baru pelayanan pengurusan izin langsung di lingkungan pemukiman.

Menurut Kepala BPT-PM, M. Jamil, program baru ini merupakan upaya baru bagi Pemerintah Kota untuk menggaet masyarakat yang belum tersentuh pelayanan izin, disamping menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"BPT-PM akan membuka pusat-pusat layanan kecil di lingkungan masyarakat perperiodik. Dengan cara mendatangi mereka pada hari kerja maupun libur tergantung permintaan. Bisa tiap hari atau beberapa hari sekali di wilayah berbeda sesuai animo," urainya.

Atas buah karya yang dibangun dalam beberapa tahun ini, sejumlah nama-nama perusahaan besar berani menanamkan nilai investasi di Kota Pekanbaru. Seperti misalnya, Ciputra Group, tak luput melirik Pekanbaru sebagai lahan garapan ekspansi bisnis properti.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28012016/investasi1-3884.jpgWalikota Pekanbaru Dr Firdaus MT menerima piagam penghargaan Kadin Riau Award 2015 yang diserahkan Plt Gubri Arsyadjuliandi Rachman.

Perusahaan ini telah mengembangkan dua proyek perumahan dan satu properti komersial sekaligus yakni Citra Garden Pekanbaru, Citra Land Pekanbaru dan Mal Ciputra Seraya Pekanbaru. Bahkan, tahun 2016 ini Ciputra akan menambah portofolio bisnisnya dengan membangun Ciputra Business Park.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/28012016/investasi1-3894.jpgPekanbaru menerima Penghargaan Kota Besar dan Kota Metropolitan terbaik nasional dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) tahun 2015.

Selain Ciputra, juga diikuti Paramount Land, Sadira Plaza dan Tangram Hotel, Condotel Pekanbaru Park, The Peak dan lain sebagainya.

Melalui berbagai upaya yang dilakukan oleh Pemko tersebut diharapkan nilai investasi akan semakin meningkat di Pekanbaru dan juga akan mewujudkan visi serta misi pemerintah untuk menjadikan Kota Pekanbaru sebagai pusat perdagangan, jasa dan industri. ***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/