Home  /  Berita  /  Ekonomi

BPBD Ingatkan Nelayan Pesisir Selatan Waspadai Cuaca Ekstrim

Kamis, 28 Januari 2016 20:52 WIB
Penulis: Calva
bpbd-ingatkan-nelayan-pesisir-selatan-waspadai-cuaca-ekstrim

PAINAN - Memburuknya kondisi cuaca sejak beberapa hari terakhir di perairan pantai barat Sumatera, tepatnya di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), harus disikapi dengan kewaspadaan oleh masyarakat nelayan. Tingginya gelombang laut yang disertai dengan angin kencang, sudah mulai terlihat sejak beberapa hari terakhir di daerah itu, yakni Senin (25/1/2016) Kondisi itu diduga memang akibat pengaruh cuaca ekstrim sebagai mana dialami oleh beberapa daerah, termasuk di Sumbar. 

Kepala BPBD Pessel, Prinurdin mengatakan kepada pesisirselatan.go.id Rabu (27/1/2016) bahwa perubahan cuaca yang tidak menentu sebagai ana saat ini, dapat mengancam keselamatan nelayan dan warga. Karena besarnya ancaman yang akan menimpa, sehingga pemerintah mengimbau nelayan dan masyarakat waspada.

"Hujan yang juga disertai badai sangat berpotensi bisa melanda kawasan pesisir pantai parairan Pessel, agar tidak menimbulkan dampak korban bagi masyarakat dan nelayan, sehingga harus disikapi dengan kewaspadaan. Bagi nelayan yang tengah melaut, diminta untuk segera berlindung pada pulau terdekat, bila hujan yang disertai badan dan gelombang tinggi terjadi," ingatnya.

Ditambahkanya bahwa di perairan laut Pessel saat ini tinggi gelombang mencapai 2 meter, tapi itu bisa berubah dengan cepat sesuai dengan kondisi cuaca.

"Berdasarkan hal itu, maka kami menghimbau kepada nelayan untuk berhati-hati, serta segera mencari perlindungan bila badai dan gelombang laut mengganas sebagai mana dikuatirkan," tutupnya. (***)

Sumber:BPBD Pesisir Selatan, Cuaca Ekstrim, Nelayan Pesisir Selatan
Kategori:Ekonomi, Umum, Pesisir Selatan
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/