Loading...

Bangun Mentawai Sehat, Pemkab Mentawai Lakukan Pogram Tujuh Pesan Sikerei

Bangun Mentawai Sehat, Pemkab Mentawai Lakukan Pogram Tujuh Pesan Sikerei
Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet. (Dishubkominfo)
Senin, 25 Januari 2016 14:56 WIB

MENTAWAI - Peran SIKEREI dalam masyaarakat terutama di bidang kesehatan di Kabupaten Kepulauan Mentawai sangat penting. Dan oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai meluncurkan program tujuh pesan "SIKEREI".

"Progam tujuh pesan sikerei sudah diluncurkan akhir tahun 2015 lalu. Dan rencananya akan diresmikan secara nasional oleh Menteri Kesehatan bulan Februari 2016. Dan kita tentunya evaluasi dan pencapaian harus berdasarkan kinerja dan sentuhan dari program tersebut," kata Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet di Tuapejat, Senin.

Ia menjelaskan, program tujuh pesan sikerei tersebut merupakan langkah pemerintah setempat untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat yang menitikberatkan pada program kesehatan dan pentingnya hidup sehat terutama masyarakat yang tinggal di pedalaman.

Untuk terlaksananya program tersebut dengan baik kata Yudas, inovasi dari tenaga kesehatan dan pembangunan lembaga kesehatan menjadi hal penting yang harus dilakukan untuk menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

Ia menyebutkan, tujuh pesan sikerei tersebut singkatan dari, stop buang air besar sembarangan, istirahat yang cukup, konsumsi garam beryodium, enyahkan asap rokok dan gizi buruk, berolahraga secara teratur, eliminasi penyakit kaki gajah, penyakit malaria, serta menimbang balita di Posyandu setiap bulan, pemberian ASI dan melakukan persalinan oleh tenaga kesehatan.

"Tentunya untuk mendukung program tersebut dibutuhkan kerja keras dan inovasi dari tenaga kesehatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat," katanya. (***)

Editor : Calva
Kategori : Pemerintahan, GoNews Group, Kepulauan Mentawai

Loading...
www www