Home  /  Berita  /  Olahraga
Jelang Final Piala Sudirman 2016

Pengamat Sepakbola Ainul Ridha, Memprediksi Laga Final Semen Padang dan Mitra Kukar Berakhir Adu Penalti

Pengamat Sepakbola Ainul Ridha, Memprediksi Laga Final Semen Padang dan Mitra Kukar Berakhir Adu Penalti
Uda Ainul Ridha, saat menyambangi markas Real Madried di Spanyol (dok.Pribadi)
Minggu, 24 Januari 2016 10:46 WIB
Penulis: Daniel Caramoy
JAKARTA- Pengamat sepakbola dan pengurus Realmadrid Foundation Indonesia asal urang awak Sumatera Barat Ainul Ridha, memprediksi laga final Piala Sudirman yang akan mempertemukan Semen Padang vs Mitra Kukar akan berakhir dengan adu penalti.

Pertandingan laga final yang akan di gelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada pukul 19.30 WIB, Minggu (24/01/2016), merupakan pertemuan kali ketiga untuk ke-2 tim dalam turnamen Piala Jendral Sudirman ini.

"Pertandingan final ini akan berjalan semakin seru lagi, karena kedua tim akan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai gelar juara di Jendral Sudirman Cup. Yang menariknya lagi adalah kedua pelatih sama-sama dari bumi Minangkabau yang merupakan sama-sama berguru dengan maestro sepakbola Sumatera Barat yakni Suhatman," tutur Uda Ainul sapaan akrab Ainur Ridha kepada GoRiau.com, Minggu (24/01/2016).

Menurut Uda Ainul, dari rekam jejaknya, kedua tim baik Semen Padang dan Mitra Kukar, sudah pernah bertemu sua kali lagi dalam turnamen ini, di mana pertemuan pertama mereka berlangsung pada 23 November 2015 pada saat babak penyisihan Group B di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar-Bali.

"Saat itu Mitra Kukar sukses mengalahkan Semen Padang melalui drama adu penalti dengan score 4-5, pertemuan kedua berlangsung di babak delapan besar (Group D) di Stadion Manahan-Solo pada (15/12/2016) yang berkesudahan dengan score tipis 2-1 untuk kemenangan Tim Kabau Sirah," jelasnya.

Mengingat hasil dalam dua kali pertemuan, dimana kedua tim saling mengalahkan, tentunya membuat laga final ini menjadi partai penentu bagi keduanya, hasil di dua pertemuan sebelumnya juga akan menjadi bumbu tersendiri bagi kedua tim sebagai penambah aroma sengitnya laga final ini.

"Meskipun demikian saya lebih cenderung kalaupun tidak penalti, nantinya Semen Padang akan menang tipis," harap Ainul dengan sedikit canda.

Selain itu, partai ini juga akan menjadi arena persaingan tersendiri bagi kedua pelatih yang berdarah Minang ini ( Nil Maizar vs Jafri Sastra). Untuk itu, meski duel ini terbilang bukan merupakan duel final idaman bagi sejumlah pihak. Akan tetapi, laga ini juga tentunya memiliki nilai pertisi tersendiri yang sangat layak untuk kita saksikan. Hal tersebut tentunya tak lepas dari performa impresif yang ditunjukan oleh kedua tim finalis ini disepanjang gelaran Piala Jendral Sudirman ini.

"Pasti menarik, karena uda Jafri ini kan satu guru dengan uda Nil Maizar yang sama-sama mengenyam pelajaran dari Suhatman, secara ilmu mereka sudah tidak diragukan, tapi secara tradisi biasanya senior lebih unggul dari juniornya," tukasnya.

Menurut Uda Ainul, skema permainan yang ditunjukan oleh kedua tim ini terbilang agak mirip, yakni dengan lebih menonjolkan sisi kolektifitas permainan antar lini yang sangat tinggi, yang lebih menitik beratkan pada memperkokoh sektor di barisan pertahanannya.

"Sekema seperti ini nampaknya sangat efektif diterapkan pada tim dengan materi pemain yang terbilang biasa-biasa saja atau dalam artian sedikit pemain bintang seperti kedua tim finalis ini. Khusus buat Semen Padang saya kasih satu pin deh," pungkasnya.

Berikut Susunan Pemain Kedua Tim Laga Final Piala Sudirman 2016

Semen Padang: Jandia, Hengki Ardiles, Al-Hadji, Ramdan, Satrio, Vendry Mofu, Yu Hyunkoo, Hendra Bayauw, M Nur Iskandar, Irsyad, James Koko. Pelatih: Nil Maizar

Mitra Kukar: Sahar Ginanjar, Arthur Cuna, Yanto Basna, Gamal, Michael Orah, Riski Pellu, Bayu Pradana, Rodrigo, Defri Riski, David Maulana, Javier dos Santos. Pelatih: Jafri Sastra. ***

Kategori:Olahraga
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/