Home  /  Berita  /  Pendidikan

Universitas Riau Sinergikan Penguatan Berbagai Pengembangan Bidang Pendidikan dengan PT Semen Padang

Universitas Riau Sinergikan Penguatan Berbagai Pengembangan Bidang Pendidikan dengan PT Semen Padang
Rektor Unri Prof. Dr. Ir. Aras Mulyadi, DEA (kiri) dan Dirut PT SP Benny Wendry menandatangani kerjasama di Wisma Indarung Semen Padang, Senin.
Senin, 18 Januari 2016 23:12 WIB
PEKANBARU - Dalam rangka meningkatkan sinergi yang saling menguatkan, PT Semen Padang menjalin kerjasama dengan Universitas Riau (UR). Komitmen kerjasama itu diwujudkan dalam bentuk penandatanganan nota kesepahaman oleh Rektor UR, Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA dan Direktur Utama PT Semen Padang, Benny Wendry di Wisma Indarung di Padang, Senin (18/1/2015) hari ini.


Dalam nota kesepahaman itu dituangkan maksud dan tujuan kerjasama, yakni mengembangkan kemampuan dalam bidang penelitian dan pengembangan teknologi, saling membantu antara kedua pihak dalam melaksanakan penelitian dan pengembangan teknologi, serta memberikan kesempatan pada pihak UR untuk mengaplikasikan ilmu di Semen Padang sesuai dengan kebutuhan perusahaan itu.

Sementara ruang lingkup kesepahaman ini meliputi bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta pengembangannya, antara lain, pertama, menyelenggarakan kemitraan dalam pelaksanaan penelitian terhadap mutu semen dan turunannya sesuai dengan kompetensi dan sumber daya kedua belah pihak.

Kedua, pelaksanaan kegiatan akademik dan pengembangan keilmuan untuk mendukung fungsi dan kinerja kedua pihak. Ketiga, pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan kebijakan dan kemampuan kedua pihak. Keempat, pelaksanaan kerja praktek, magang dan penelitian mahasiswa. Kelima, bidang lainnya yang masih relevan yaitu sarana dan prasarana maupun kompetensi yang dimiliki kedua belah pihak.

Rektor UR Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, dalam sambutannya berharap agar dalam kerjasama ini tercipta sinergi antara UR sebagai perguruan tinggi dengan Semen Padang sebagai industri. Dipilihnya Semen Padang sebagai mitra dalam kerjasama itu, kata Rektor, karena pihaknya mengetahui komitmen PT Semen Padang selama ini yang tidak hanya mengedepankan profit (laba), namun juga planet (pelestarian lingkungan hidup), dan people (pemberdayaan masyarakat).

https://www.goriau.com/assets/imgbank/18012016/mahasiswat-3851.jpgMahasiswa Tenik Kimia Unri melakukan kunjungan lapangan ke PT Semen Padang.

“Semen Padang juga merupakan perusahaan semen pertama dan tertua di Indonesia. Ini dapat menjadi tempat belajar bagi kami, terutama jurusan-jurusan yang ada hubungannya dengan bidang teknik,” tambahnya.

Selain itu, lanjut Aras, ada hal-hal yang bisa dikerjasamakan antara UR dengan PT Semen Padang, terutama penelitian-penelitian dan inovasi yang terkait domainnya Semen Padang.

“Intinya kami dari UR siap bekerjasama dengan PT Semen Padang dalam berbagai hal, khususnya dalam mengimplementasikan teknologi yang ada, membantu pengembangan Semen Padang, terutama di wilayah-wilayah pemasaran PT Semen Padang,” ungkap Aras.

Rektor UR, menambahkan saat ini ada banyak karyawan Semen Padang yang berasal dari UR. Mereka diharapkan dapat menjaga nama baik almamater, dan dapat sebagai penghubung antara UR dan Semen Padang. Dengan demikian sebagai perguruan tinggi, UR bisa terus melahirkan sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan dan teknologi, yang bermanfaat bagi masyarakat dan dunia industri seperti Semen Padang.

Pada kesempatan yang sama, Direktur PT Semen Padang, Benny Wendry, mengatakan sebagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Semen Padang membuka diri terhadap kerjasama berbagai pihak, termasuk dunia pendidikan, baik dalam bentuk magang, penelitian dan kerjasama lainnnya.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/18012016/jajaranpim-3850.jpgJajaran pimpinan Unri, Semen Padang dan ITP diabadikan usai penandatanganan naskah kerjasama di Wisma Indarung Semen Padang.

“Kita berharap kejasama ini bermanfaat bagi kedua pihak, baik bagi UR maupun PT Semen Padang, sehingga tercipta sinergi yang saling menguntungkan,” kata Dirut PT Semen Padang ini menjelaskan.

Benny berharap, UR melakukan penelitian aplikasi semen, menggelar seminar-seminar tentang “product knowledge”, sehingga dapat membantu PT Semen Padang dalam pengembangan pasar. “Kalau dari perguruan tinggi yang menyampaikan informasi, konsumen akan percaya, karena perguruan tinggi merupakan institusi yang kredibel,” tambahnya.

“Kerjasama ini tidak hanya terbatas untuk mahasiswa, namun juga dosen. Kalau ada penelitian-penelitian dari UR mengenai pengembangan produk semen, kami sangat terbuka, karena menurut kami kalau ada penelitian, inovasi akan terus berkembang sehingga perusahaan selalu menjadi yang terdepan,” kata alumni Sarjana Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung (ITB) itu.

Dari UR, hadir Wakil Rektor Bidang Kerjasama, dan Sistem Informasi, Prof Dr Mashadi MSc, Dekan Fakultas Teknik, Prof Dr Adrianto MT, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni Fakultas Teknik Dr M Dahlil MT. Sementara yang hadir dari PT Semen Padang adalah Kepala Departemen Komunikasi dan Sarana Umum, Ampri Satyawan, Staf Pimpinan Semen Padang, Syahrul Akmal, dan sejumlah karyawan dari PT Semen Padang yang berasal dari alumni UR.

Pada kesempatan, dari UR juga hadir 45 orang mahasiswa Fakultas Teknik Kimia sekaligus melakukan kunjungan industri ke PT Semen Padang. Di sana, mahasiswa UR memperoleh penjelasan tentang profil Perusahaan Semen Padang, serta melakukan peninjauan ke pabrik Semen Padang. (rls)

Editor:Hermanto Ansam
Kategori:Pendidikan
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/