Home  /  Berita  /  Pendidikan

Pembangunan Kampus III Nan Megah IAIN IB Padang di Sungai Bangek Mulai Direalisir Tahun 2017

Pembangunan Kampus III Nan Megah IAIN IB Padang di Sungai Bangek Mulai Direalisir Tahun 2017
Maket IAIN Imam Bonjol di Sungai Bangek nan megah. (Humas)
Senin, 18 Januari 2016 06:46 WIB

PADANG - Pembangunan kampus III Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol (IAIN) Padang di Sungai Bangek akan dilakukan berkelanjutan muali tahun 2017. Pembangunan kampus ini diyakini akan mampu menghidupkan perekonomian masyarakat setempat. Oleh karena itu diharapkan semua lapisan masyarakat mendukung penuh pembangunan gedung kampus tersebut.

Rektor IAIN IB Padang Eka Putra Wirman kepada Haluan mengemukakan, pem­bangunan kampus III akan dilakukan secara berke­lan­jutan mulai 2017 nanti. Saat ini, ia tengah melengkapi dokumen kerjasama dengan Islamic Development Bank (IDB) untuk mencairkan dana bantuan sebesar kurang lebih Rp560 miliar.

“Action nanti diperkirakan mulai 2017. Saat ini saya beserta pimpinan lima pergu­ruan tinggi (PT) Islam lainnya tengah melengkapi dokumen untuk ke IDB. Karena total ada enam PT yang men­dapat­kan bantuan dan bekerjasama dalam proyek ini,” tuturnya dilansir dari harianhaluan.com, Senin (18/1/2016).

Dijelaskannya, pembangu­nan Kampus III IAIN IB Padang Sungai Bangek akan secara langsung meghidupkan perekonomian warga se­tempat. Ia meyakini, banyak sektor yang bisa dimanfaatkan oleh warga Sungai Bangek dan sekitarnya, seperti pem­bangunan rumah kos-kosan, pertokoan, transportasi dan lain sebagainya.

Selain itu, menurutnya pembangunan tersebut juga sejalan dengan upaya Peme­rintah Kota (Pemko) Padang dalam pengembangan pemba­ngunan perkotaan, serta se­alur dengan upaya Peme­rintah Provinsi (Pemprov) Sumbar dalam pengem­ba­ngan kualitas pendidikan ting­gi di Ranah Minang.

“Semua sektor akan men­dapatkan keuntungan dalam pembangunan ini. Sehingga, menurut saya sudah sepa­tutnya dukungan penuh dibe­ri­kan kepada IAIN Imam Bonjol untuk mendirikan kam­pus III ini. Soalnya, besaran nilai ban­tuan yang diperkirakan akan didapatkan sekitar Rp560 mi­liar. Tentu itu jumlah yang cukup untuk pembangunan komplek kam­pus yang meme­nuhi standar,” jelasnya lagi.

Ia juga mewanti-wanti, jika ada pihak yang mencoba meng­halang-halangi kelan­caran pembangunan Kampus III IAIN Imam Bonjol nanti, itu hanyalah kalangan yang mempunyai kepentingan pribadi dalam pembangunan. Dan merupakan tindakan yang sangat tidak diharapkan.

Izal (44) salah seorang warga Sungai Bangek ketika ditanyai Haluan mengaku antusias dengan pemba­ngu­nan tersebut. Ia pun mengaku telah mulai merancang untuk membangun rumah kos-kosan di tanah miliknya.

“Sebelumnya saya hanya bertani di sini. Kalau memang kampus sudah jadi nanti, tentu dapat dimanfaatkan untuk mem­bangun rumah kos. War­ga lain juga sepertinya akan melakukan hal yang sama,” kata Izal.

Selain IAIN Imam Bonjol Padang, lima PT Islam lain yang menjalin kerjasama seru­pa dengan IDB antara lain IAIN Jambi, IAIN Lampung, IAIN Banten, IAIN Surabaya dan IAIN Banjarmasin. Besar bantuan yang nanti akan dite­rima dari IDB untuk pemba­ngunan atau pengembangan kampus di enam PT Islam tersebut adalah sekitar Rp560-600 miliar. (***)

Editor:Calva
Sumber:Harianhaluan.com
Kategori:Pendidikan, Padang, Sumatera Barat
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77