Home  /  Berita  /  Pemerintahan
Besok Selasa, Lanud Padang Resmi Naik jadi Tipe B

Pangkoopsau I: Sumbar Punya Posisi Strategis

Pangkoopsau I: Sumbar Punya Posisi Strategis
Pangkoopsau I Marsekal Pertama Yuyu Sutisna (kanan) berbincang dengan Sekdaprov Sumbar Ali Asmar.
Senin, 11 Januari 2016 22:29 WIB
Penulis: Calva

PADANG - Pangkoopsau (Panglima Komando Operasional Angkatan Udara) I Marsekal Pertama TNI Yuyu Sutisna, SE menyebutkan, posisi Sumatera Barat yang berada di pantai barat Pulau Sumatera mempunya posisi yang strategis dalam berbagai hal. Ini merupakan alasan utama naiknya status Pangakalan TNI AU (Lanud) Tabing Padang dari tipe C menjadi tipe B, dengan komandan yang baru berpangkat kolonel. 

Penegasan ini disampaikan Yuyu dalam acara ramah tamah pengantar tugas Danlanud Tabing Padang yang baru Kolonel Pnb. I Putu Gede Suartika yang akan dilantik menjadi Danlanud Tabing Padang, Selasa pagi (12/1/2016). Acara ramah tamah sendiri berlangsung di Auditorium Gubernuran Padang, Senin malam (11/1/2016). Tampak hadir dalam acara itu, Sekdaprov. Sumbar Dr. Ali Asman, petinggi TNI dan Polri serta Forkompinda Sumbar dan Kota Padang serta kepala dinas, badan dan pimpinan BUMN/BUMD.

Naiknya status Lanud Tabing, juga akan memudahkan TNI melakukan koordinasi terutama pengawalan pulau-pulau terluar Indonesia di wilayah barat dan kemungkinan berbagai ancaman yang mungkin saja datang dari Samudra Hindia. "Itu artinya, jumlah personil dan segala sarana dan prasarana di Lanud Padang juga akan ditingkatkan," tegas jenderal berbintang satu ini.

Sementara itu, Sekdaprov Subar Ali Asmar menyebutkan, pemerintah Sumbar sangat berterima kasih atas kenaikan status Lanud Padang ini. Sekda menyebutkan, dengan naiknya status Lanud Padang jadi tipe B, berarti ini kenaikan terakhir atas status TNI dan Polri di Sumbar. "Ini menandakan posisi Sumbar ke depan punya nilai strategis. Tentu juga semua pihak di pemerintahan secara bersama-sama berkoordinasi membangun Sumbar di masa yang akan datang," kata Sekda.

Kepada pejabat baru, sambung Ali Asmar, Pemda Sumbar mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas di Sumbar. Dan kepada pejabat lama, tak lupa ucapan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian selama 1 tahun 3 bulan di Sumatera Barat.

Danlanud Tabing Padang yang lama Letkol Pnb Moh. Apon St, MA selajutnya akan mutasi di Mabes TNI AU, sementara pejabat baru Kolonel Pnb. I Putu Gede Suartika, merupakan senior dari pejabat lama yang baru saja menyelesaikan Sesko (Sekolah Staf dan Komando) TNI AU. (***)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/