Home  /  Berita  /  Peristiwa

Organda Sedang Kaji Penurunan Tarif Angkutan Pasca Penurunan Harga BBM

Organda Sedang Kaji Penurunan Tarif Angkutan Pasca Penurunan Harga BBM
Angkutan Kota sedang beroperasi di Kota Padang.
Senin, 11 Januari 2016 17:37 WIB
Penulis: Calva
PADANG - Organisasi Angkutan Darat atau Organda tengah mengkaji penurunan tarif angkutan umum dan barang pasca pemerintah menurunkan harga Bahan Bakar Minyak. Hal tersebut disampaikan Ketua Organda Sumbar, Sengaja Budi Syukur menjawab wartawan di Padang, Senin (11/1/2016).

Meski Organda tengah mengkaji, penurunan harga BBM tidak terlalu berpengaruh terhadap tarif angkutan, apalagi harga suku cadang kendaraan masih tetap tinggi. Belum lagi 11 item yang menjadi komponen kajian dalam menentukan tarif angkutan, tarif berlaku masih berada dalam tarif atas dan tarif bawah.

Jika dihitung penurunan harga BBM dengan perubahan tarif angkutan masih berada dalam rentang tarif atas dan tarif bawah. Berdasarkan ketentuan tarif atas dan tarif bawah yang berlaku, tarif bawah sebesar Rp168 per penumpang per kilometer dan Rp208 per penumpang per kilometer.

Lebih lanjut dikatakan, merujuk pada penurunan tarif sekitar 5 persen yang ditetapkan pemerintah untuk AKAP, diperoleh tarif angkutan masih sesuai dengan tarif atas dan tarif bawah.

Lebih lanjut Budi Syukur mengatakan, pihaknya tidak menurunkan tarif angkutan kota, sebab penurunan BBM jenis premium tidak terlalu besar.

Organda memilih untuk tidak menurunkan tarif angkutan kota karena diniai tidak seimbang dengan premium yang dipakai. Diperkirakan dalam sehari, kebutuhan premium untuk angkutan kota sebanyak 30 liter dan diperoleh sopir dari kebutuhan premium sekitar Rp10 ribu rupiah. Atas pertimbangan itu, Organda tidak menurunkan tarif angkot.

Lain halnya dengan tarif angkutan barang. Organda mempersilahkan bagi pengusaha dan pemilik barang menyesuaikannya. Namun secara umum, tarif angkutan barang sudah turun sekitar 5 persen. (***)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/