Home  /  Berita  /  Ekonomi

78 Ribu Wisatawan Kunjungi Pesisir Selatan Selama Liburan, Terbanyak ke Pantai Carocok

78 Ribu Wisatawan Kunjungi Pesisir Selatan Selama Liburan, Terbanyak ke Pantai Carocok
Jembatan Aka di Bayang Pessel, salah satu objek wisata yang digandrungi wisatawan. (Humas)
Minggu, 10 Januari 2016 10:22 WIB

PAINAN - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mencatat pengunjung wisata ke daerah itu mencapai angka 78 ribu orang selama libur natal 2015 hingga tahun baru 2016. Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Ekonomi Kreatif Gunawan di Painan, mengatakan angka tersebut terhitung selama 12 hari hingga 4 Januari 2016.

"Rata-rata kunjungan ke objek wisata yang ada di kabupaten ini selama liburan akhir tahun 2015 sebanyak 6,5 ribu orang per hari. Mayoritas pengunjung berasal dari luar Sumbar, " katanya dilansir dari laman resmi Pemkab. Pesisir Selatan.

Dibanding hari-hari libur biasa, jumlah kunjungan wisata selama 12 hari tersebut terjadi peningkatan yang cukup tinggi. Beda dengan libur akhir pekan, pengunjung keberbagai objek wisata yang ada di kabupaten itu rata-rata hanya sebanyak 3,5 ribu orang per hari.

Menurutnya, ramainya kunjungan wisata pada 12 hari tersebut karena libur natal hingga tahun baru bertepatan dengan liburan akhir semester bagi anak sekolah.

"Kita mencatat angka kunjungan wisata ke objek wisata di kabupaten ini selama liburan natal hingga tahun baru 2016 cukup ramai. Bahkan peningkatan kunjungan mencapai 50 persen dari hari-hari libur akhir pekan, " katanya.

Jumlah pengunjung terbanyak terdapat di Objek Wisata Pantai Carocok Painan yakni sekitar 45 persen dari jumlah keseluruhan pengunjung ke berbagai objek wisata lainnya di kabupaten itu.

Selain Pantai Carocok Painan, objek wisata lainnya yang menjadi tujuan wisatawan nasional di kabupaten itu seperti Pantai Batu Kalang Tarusan, Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mandeh, Air Terjun Bayang Sani dan Jembatan Akar.

Meskidemikian pemkab setempat terus berupaya meningkatkan kunjungan kesemua objek wisata yang ada, tidak saja ke Pantai Carocok Painan tetapi juga kebeberapa objek wisata lainnya.

Sejumlah objek wisata itu juga sangat berpotensi mendatangkan banyak kunjungan karena keindahan alam yang dimiliki masing masingnya. (***)

Editor:Calva
Sumber:Pesisirselatankab.go.id
Kategori:Ekonomi, Umum, Pesisir Selatan
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/