Home  /  Berita  /  Politik

DPRD Sumbar Tetapkan Susunan AKD 2016, Siap Sambut MEA

DPRD Sumbar Tetapkan Susunan AKD 2016, Siap Sambut MEA
Pimpinan DPRD Sumbar menggelar jumpa pers usai menyusun AKD 2016
Sabtu, 09 Januari 2016 13:44 WIB
Penulis: Sutan Edy M

PADANG -Setelah melewati perjalanan waktu cukup panjang serta pembahasan yang sengit dan melelahkan, Rapat Paripurna DPRD Sumbar, Jumat (8/1/2016) petang akhirnya membuahkan hasil. Rapat paripurna yang sedianya dimulai pukul 14.00 dan tertunda hingga kepukul 17.30 itu menyepakati keputusan dewan tentang penetapan perubahan susunan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) Tahun 2016. 

Begitu rapat dibuka Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim selaku pimpinan rapat, tanpa banyak mukaddimah ia mempersilakan Plt. Sekwan Raflis untuk membacakan susunan keanggotaan Komisi II. Termasuk juga pembacaan susunan keanggotaan Badan Pembentukan Perda (Baperda) yang ikut mengalami perubahan.

Usai pembacaan susunan keanggotaan Komisi II yang memicu penundaan rapat sehari sebelumnya dan Bapelda disepakati anggota dewan, Hendra mempersilakan anggota komisi-komisi dan baperda memilih pimpinan masing-masing. “Untuk itu, rapat saya skor lima menit, setelah itu disambung lagi,” katanya.

Entah karena kelelahan atau karena azan Magrib akan bergema, waktu lima menit ini benar-benar dimanfaatkan anggota dewan dengan cepat. Sehingga rapat paripurna lanjutan ini berjalan singkat, tanpa ada perdebatan sengit dan hujan interupsi, seperti rapat, Kamis lalu.

Ditambah lagi, suasana santai tapi serius yang diperlihatkan anggota dewan pun ikut mendorong percepatan pengambilan keputusan penetapan susunan keanggotaan AKD DPRD Sumbar tahun 2016, hari itu juga. Sehingga tak berapa lama kemudian, rapat paripurna yang dihadiri Sekdaprov Ali Asmar itu ditutup pimpinan rapat dengan terlebih dulu menyebutkan nomor keputusan dewan terhadap masing-masing AKD yang ditetapkan.

Tak berapa lama rapat ditutup, Hendra Irwan Rahim didampingi Sekdaprov Ali Asmar, Wakil Ketua DPRD Darmawi dan Arkadius serta pimpinan AKD lainnya menggelar konfrensi pers di lantai dasar. “Saya selaku pimpinan dewan, mengucapkan terimakasih banyak kepada para anggota dewan yang telah menyelesaikan tugasnya dengan baik, penuh keakraban dan kekompakan,” ujar Hendra.

Diakuinya, rapat paripurna yang sempat menjalani pembahasan alot dan hujan interupsi hingga tertunda-tunda ini merupakan cerminan bahwa demokrasi itu benar-benar berjalan di DPRD Sumbar. Sebab, betapapun hangatnya suasana rapat disertai perdebatan sengit dan hujan interupsi, tetapi berakhir dengan sebuah keputusan final yang diambil berdasarkan musyawarah dan mufakat.

“Ini semua berkat sinergitas dan kekompakan serta keharmonisan hubungan antara sesama anggota dewan, demi memperjuangkan kepentingan masyarakat Sumatera Barat. Ke depan, saya berharap sinergitas dan kekompakan diantara sesama anggota dewan serta pemerintah daerah ini dapat terus ditingkatkan,” ujar Hendra.

Dia juga menyebutkan, reposisi AKD ini selain merupakan bentuk penyegaran kelembagaan, juga untuk peningkatan kinerja dewan dalam merespon aspirasi masyarakat. Termasukj pengawasan dan evaluasi pelaksanaan APBD. “Dengan reposisi ini diharapkan, tugas-tugas dewan dalam penyusunan RPJMD 2016-2021 berikut pembentukan 19 ranperda yang ditetapkan dalam propemperda dapat dirampungkan sesuai jadwal,” jelasnya.

Hendra juga menyinggung tahun 2016, merupakan awal tahun pertama pelaksanaan era pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Bagi DPRD Sumbar, hal ini akan menjadi agenda strategis untuk mempersandingkannya dengan penyusunan RPJMD Sumbar tahun 2016-2021 yang merupakan periodesasi ketiga RPJMD Provinsi Sumbar.

Senada dengan itu, Sekdaprov Ali Asmar juga berharap kekompakan dan keharmonisan hubungan eksekutif dan legislatif yang sudah terjalin selama ini dapat tetap terjaga dan ditingkatkan terus, sebagaimana amanah UU 23/2014 tentang pemerintahan daerah. Dengan demikian, program pembangunan di daerah ini dapat berhasil dilaksanakan, jika kerjasama eksekuti dan legislatif terjalin dengan baik,” katanya. (***)



Berikut Jumlah, Pimpinan Komisi dan Baperda DPRD Sumbar 2016

1. Komisi I Bidang Pemerintahan (11 orang)

Ketua Aristo Munandar

Wakil Ketua Novi Yuliasni

Sekretaris Romi Chaniago

2. Komisi II Bidang Ekonomi (9 orang)

Ketua Rizanto Algamar

Wakil Ketua Sabrana

Sekretaris Rahmat Saleh

3. Komisi III Bidang Keuangan (10 orang)

Ketua Iswandi Latif

Wakil Ketua Liswandi

Sekretaris Supardi

4. Komisi IV Bidang Pembangunan (14 orang)

Ketua Marlis

Wakil Ketua Saidal Masfiuddin

Sekretaris Muzli M.Nur

5. Komisi V Bidang Kesejahteraan Rakyat (11 orang)

Ketua Apris

Wakil Ketua Nofrizon

Sekretaris Yuliarman

6. Badan Pembentukan Perda (Baperda)

Ketua Risnaldi

Wakil Ketua Hidayat

Sekretaris Novi yuliasni

Editor:Calva
Kategori:Sumatera Barat, Politik, Pemerintahan
wwwwww