Home  /  Berita  /  Hukum

Aman dan Terkendali Malam Old And New di Payakumbuh

Aman dan Terkendali Malam Old And New di Payakumbuh
Ribuan warga menikmati pesta kembang api di jantung kota Payakumbuh, pada malam penggantian tahun 2015 ke 2016.(f/humas)
Jum'at, 01 Januari 2016 16:43 WIB
Penulis: M.Siebert

PAYAKUMBUH- Malam pergantian tahun 2015 ke 2016, atau Old and New 2016 di Payakumbuh cukup meriah,  berlangsung aman dan terkendali. Ribuan warga menikmati pesta kembang api yang dilakukan spontanitas masyarakat  sendiri, di jantung kota, Jum'at. Malam menyambut tahun baru di Kota Batiah, sebuah hiburan yang ditunggu warga kota. Dari simpang Kasda, Tugu Adipura, depan Pos Polisi Kota, Mall Ramayana sampai ke Simpang Benteng, penuh sesak dengan ribuan warga.

Sejak Kamis malam,  pukul 20.00 WIB warga sudah hilir mudik disepanjang jalan utama, mengendarai kendaraan roda empat dan sepeda motor. Pengamanan menyambut tahun baru di bawah  komado Kapolresta AKBP Yuliani, dibantu anggota TNI, Denpom, Satpol PP dan petugas Dinas Perhubungan, sangat rapi, sehingga tak ada gaduh dan keributan. Pemko menyediakan kantong parkir yang cukup luas di halaman balaikota Poliko, SMP Fidelis dan halaman eks kantor bupati.

"Saya sangat puas dan plong, malam penyambutan tahun baru di kota ini atau   wilayah hukum Polresta Payakumbuh berlangsung tertib dan aman. Koordinasi sesama petugas pengamanan dari TNI/Kejaksaan, Satpol PP dan Dishub berjalan dengan baik. Kita juga dibantu Piket Fasilitasi Pengamanan Tahun Baru yang dibuat Kesbangpol yang dikomandoi Elfriza Zaharman," ucap Kapolresta Yuliani, dalam kesibukannya mengamankan tahun baru.

Wakil Wakota H. Suwandel Muchtar, Kamis sore sebelumnya, langsung memimpin apel siaga pengamanan Tahun Baru. Selain itu, jajaran Polresta dan Polsekta Payakumbuh, juga terlibat dengan Operasi Lilinnya. Lengkap sudah, pengamanan tahun baru di Payakumbuh membuat masyarakat menjadi tenang, menikmati hiburan menyambut tahun baru. Wawako Suwandel memotivasi petugas, agar percaya diri dan mampu memberikan rasa aman kepada masyarakat yang menikmati malam penggantian tahun.

Di Payakumbuh, penyambutan malam old and new itu, tidak hanya melakukan pesta kembang api, juga pada sejumlah titik menggelar organ tunggal dan main kim. Seperti dilakukan Radio Pass dan pemilik Restoran Pergaulan di Jalan Sukarno-Hatta. Sementara itu, Pemuda Muhammadyah Payakumbuh juga menggelar wirid pengajian di Masjid Ansharullah Jalan Sudirman Payakumbuh, dengan Buya Desembri P. Chaniago.

Sejumlah masyarakat yang berdatangan dari Suliki, Halaban dan Harau, berharap, kedua pemerintahan Luak Limopuluah, Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota,  bersinergi membangun aluan-alaun atau Land Mark Luak Limopuluah pada eks kantor bupati. Menurut mereka, jika ada alun-alun, titik kumpul warga dalam menyambut hari bersejarah, seperti peringatan HUT RI atau HUT Kota, HUT Kabupaten, dapat menikmati bersama di kawasan alun-alun, bukan memenuhi badan jalan, katanya.***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77