Home  /  Berita  /  Pemerintahan

HUT ke-35, Satpam Banyak Bantu Polri Dalam Pengamanan di Kota Padang

HUT ke-35, Satpam Banyak Bantu Polri Dalam Pengamanan di Kota Padang
Walikota Padang H. Mahyeldi Ansyarullah sebagai inspektur upacara HUT ke-35 Satpam di Mapolresta Padang. (Humas)
Kamis, 31 Desember 2015 05:56 WIB

PADANG – Satuan Pengamanan (Satpam) merupakan satuan kelompok petugas pengamanan dalam menyelenggarakan keamanan swakarsa. Keberadaan Satpam telah membantu Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dalam menjalankan tugas.

“Satpam selama berkiprah mampu bekerja optimal membantu Polri,” ujar Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo saat menjadi inspektur upacara pada Hari Ulangtahun (HUT) Satpam ke-35 di Mapolresta Padang, Rabu (30/12/2015).

Dikatakannya, di era globaliasi ini begitu banyak budaya asing yang masuk. Kondisi tersebut akan mempengaruhi, mengancam keamanan dan ketertiban. Karena itu Polri termasuk Satpam, sebagai penjaga keamanan dan ketertiban harus mampu mengantisipasi serta mencegah kerawanan yang dapat terjadi.

Di sisi lain, sebagai bentuk apresiasi kepada satuan pengamanan, seluruh personil telah ditingkatkan kompetensinya. Berbagai pelatihan telah diikuti. Dengan harapan nantinya akan terus mengasah keterampilan dalam menghadapi perkembangan situasi keamanan dan ketertiban.

Walikota mengimbau kepada seluruh Satpam yang ada di Kota Padang untuk terus bekerja fokus dengan tidak mengabaikan komunikasi, koordinasi dan tetap menjalin kerjasama antara anggota Satpam dengan Kepolisian di lapangan. “Saya percaya Satpam akan mampu bekerja baik,” ujar Mahyeldi.

Walikota berpesan kepada seluruh Satpam untuk meningkatkan disiplin, soliditas, intensitas, dedikasi dan profesionalisme sebagai pengemban fungsi pengamanan dan sekaligus garda terdepan dalam pengamanan swakarsa.

“Mari tingkatkan pengetahuan, kompetensi, kemampuan keterampilan dalam menunjang tugas. Tetap waspada serta melakukan upaya prefentif dalam mencegah gangguan kamtibmas,” sebutnya di depan seluruh personil kepolisian yang hadir dalam upacara HUT tersebut.

Tugas Satpam dalam membantu tugas Kepolisian Republik Indonesia telah diatur dalam pasal 3 ayat 1 Undang-undang Kepolisian Nomor 2 Tahun 2002. Dalam peringatan HUT Satpam ke-35 di halaman Mapolresta itu nampak hadir Dandim 0312 Wirabraja, Kapolres, unsur Forkopimda serta sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemko Padang. (Humas/Charlie)

Editor:Marjeni Rokcalva
Kategori:Pemerintahan, Padang
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/