Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Dinkes Binjai Belajar BLUD dan Akreditasi ke Payakumbuh

Dinkes Binjai Belajar BLUD dan Akreditasi ke Payakumbuh
Kadiskes Binjai Ikhram dan Kadiskes Elzadaswarman, foto bersama dengan seluruh pejabat dan pimpinan puskesmas kedua daerah,(f/humas)
Kamis, 31 Desember 2015 11:30 WIB
Penulis: M.Siebert

PAYAKUMBUH- Pemko Binjai, Provinsi Sumatera Utara, kirim Kepala Dinas Kesehatan H. Ikram Helmi,  bersama tujuh pimpinan puskesmas dan pejabat Dinkes setempat ke Payakumbuh, Selasa (29/12). Kunjungan dalam rangka studi kompararif itu,  dalam rangka belajar bagaimana cara Dinkes Payakumbuh mengelola seluruh puskesmas menjadi badan layanan umum daerah (BLUD) dan mendapatkan akreditasi.

Di Payakumbuh rombongan tamu dari kota penghasil rambutan itu, diterima Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh Elzadaswarman, MPPE, bersama seluruh kepala bidang, pimpinan puskesmas dan sekretaris dinkes. Di kantornya di Kelurahan Padang Karambia, Payakumbuh Selatan, Kadiskes Elzadaswarman, menyampaikan detail, bagaimana  meningkatkan status puskesmas sebagai badan layanan umum daerah (BLUD) dan mendapatkan akreditasi.

Menurut Elzadaswarman,  selain komitmen seluruh jajaran Dinas Kesehatan dan puskesmas, diperlukan dukungan kuat dari pimpinan daerah dan DPRD untuk  menerapkan pola keuangan dengan sistem BLUD dan mendapatkan akreditasi.

“Kita di Payakumbuh, seluruh staf dinkes, tenaga medis dan non medis di puskesmas, punya kemauan tinggi untuk melakukan pelayanan kesehatan, dengan motto Sikat Habis (Selalu Ingin Kesehatan Anda Terpelihara dan Harus Bisa). Jika Payakumbuh sudah sering mendapatkan penghargaan Kota Sehat Swastisaba Wistara, itu semua karena kinerja seluruh staf bersama dukungan masyarakat,” sebut Elzadaswarman.

Kepala Dinas Kesehatan Binjai, Ikram, mengakui, penarapan program kesehatan dan tata kelola puskesmas di Payakumbuh punya nilai lebih dibanding Binjai, dan Sumatera Utara pada umumnya. “Kita datang ke Payakumbuh, direkomendasikan pejabat di Kementerian Kesehatan. Dengan tekad, ingin belajar serius dan mengejar ketertinggalan, sehingga suatu saat nanti bisa sejajar dengan Payakumbuh,” tegas Ikram dalam sambutannya.***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/