https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  Umum
MTM 2015

Untuk Memikat Wisatawan Domestik dan Mancanegara, ASPPI akan Gelar Minangkabau Travel Mart

Untuk Memikat Wisatawan Domestik dan Mancanegara, ASPPI akan Gelar Minangkabau Travel Mart
ASPPI dan Pemko Bukittinggi akan gelar MTM 2015.
Selasa, 06 Oktober 2015 20:54 WIB
Penulis: jontra
BUKITTINGGI, GOSUMBAR.COM - Para pelaku pariwisata Sumatera Barat yang tergabung dalam Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Provinsi Sumatera Barat berencana menggelar Minangkabau Travel Mart (MTM) 2015.

Kegiatan yang akan berlangsung pada tanggal 11 hingga 14 Oktober mendatang itu bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi kepariwisataan di Sumatera Barat kepada masyarakat secara nasional dan Internasional.

Ketua Pelaksana MTM, B.Rafles, Selasa,(6/10/2015) mengatakan, pelaksanaan MTM itu dilatar belakangi karena adanya kecendrungan penurunan kunjungan tamu dari domestik dan luar negeri ke Sumatera Barat khususnya di Bukittinggi, ungkapnya.

Padahal, wilayah Sumatera Barat memiliki potensi pariwisata yang cukup banyak, menarik dan beragam, hanya saja keberagaman potensi pariwisata di Sumbar itu selama ini belum maksimal penggarapannya baik disegi pengelolaan, pemeliharaan, pemanfaatan. Begitu juga pengenalannya kepada masyarakat luas baik nasional maupun internasional.

Menurut Rafles, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat ada beberapa hal yang perlu dilakukan, diantaranya pengelolaan objek wisata yang baik, serta melakukan program promosi yang efektif dan efesien, baik keluar daerah maupun keluar negeri.

Hal ini menjadi elemen penting untuk mendapatkan perhatian seluruh insan pariwisata di Ranah Minang. Karena pariwisata sebagai salah satu penghasil devisa terbesar di Sumatera Barat dan sangat berdampak pada perkembangan perekonomian masyarakat.

Menyikapi hal itu, para pelaku pariwisata yang tergabung dalam Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Provinsi Sumatera Barat berupaya memperkenalkan dan mempromosikan potensi pariwisata ke pada masyarakat secara nasional dan Internasional melalui MTM 2015.

Minangkabau Travel Mart 2015 ini merupakan salah satu upaya dari ASPPI untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi pariwisata di Sumatera Barat ini,“ujar Rafles yang juga didampingi oleh rekannya Widya, dan Kabid Pariwisata Disbudpar Bukittinggi, Emil Anwar serta Kabag Humas Setdako Bukittinggi, Yulman.

Widya yang juga salah satu panitia MTM memaparkan, menurut jadwal MTM yang berlangsung selama 4 hari itu dilaksanakan di beberapa tempat, diantaranya di Bukittinggi, Agam, Tanah datar, Sawahlunto, dan Padang.

Sedangkan bentuk kegiatannya antara lain Table Top,( bertemu nyata) ) para perusahaan travel agent dari luar Sumatera Barat dengan perusahaan travel agent maupun pengelola hotel yang ada di Sumatera Barat, kemudian  Welcome Dinner dan Kesenian Tradisional, Post Tour ( berkeliling mengunjungi sejumlah daerah tujuan wisata), Permainan Kim, dan Ferewell Dinner (kegiatan yang dirancang di tepi pantai).

Menurut Widya, destinasi yang akan dijual dalam Table Top nanti adalah Sumatera Barat dalam bentuk tour, meliputi paket 3 hari 2 malam, 4 hari 3 malam dan 5 hari empat malam.

“Dalam kegiatan Post Tour nanti akan kita tunjukan objek wisata yang akan dikunjungi dalam paket paket tersebut, termasuk destinasi pulau yang juga diminati saat ini yaitu wisata pulau, seperti wisata pulau Mandeh, Pulau Pagang dan Pulau Pasumpahan,”ujarnya.(**)

Kategori:Bukittinggi, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/