Home  /  Berita  /  Umum
WISATA

Pulau Cingkuak, Gili Trawangan ala Minang Tanpa Bule-bule Berbikini

Pulau Cingkuak, Gili Trawangan ala Minang Tanpa Bule-bule Berbikini
Pulau Cingkuk
Selasa, 29 September 2015 08:52 WIB
Penulis: .
SUMATERA Barat memiliki Pulau Cingkuak yang suasananya ala Gili Trawangan di Lombok dalam versi mini. Ada pantai pasir putih, water sport, benteng kuno dan bukit dengan pemandangan keren.

Pulau Cingkuak berada di Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Untuk menuju Pulau Cingkuak, wisatawan perlu menyeberang naik perahu dari Pantai Carocok Painan atau dari pangkalan perahu di Pulau Batu Kureta yang bisa diakses dari Jembatan Asmara di Pantai Carocok Painan. Hanya 10 menit naik perahu, tibalah kita di Pulau Cingkuak.

Pantai berpasir putih langsung menyambut wisatawan di sana. Hop! Saya pun tiba pagi itu di pulau mungil tersebut. Ada juga dermaga ponton untuk perahu penyeberangan bersandar menurunkan penumpang.

Kita langsung dihadapkan dengan para operator penyewaan water sport. Pilihannya beraneka macam, mulai dari banana boat sampai flying fish. Tinggal pilih mana yang disuka dan operator mana yang disewa.

Ada juga sejumlah warung yang menyajikan makanan ringan dan minuman dingin, di bawah rimbunnya pohon kelapa dan pepohonan lain. Sepintas, suasananya mirip Gili Trawangan minus bule-bule berbikini saja.

Hanya separuh garis pantai di Pulau Cingkuak yang berpasir putih. Bagian belakangnya lebih merupakan pantai dengan batu karang yang landai.

Bagian tengah pulau pun menyajikan petualangan yang menarik. Ada makam era kolonial dengan batu nisan bertulisan bahasa Prancis. Kata pemandu, ini adalah makam Van Kempen, mungkin pejabat di era kolonial Belanda.

Agak ke belakang pulau ada reruntuhan Benteng Portugis. Nyaris tidak ada yang tersisa dari benteng ini, sayang sekali. Saya pun mendaki bukit di belakang benteng ini, di puncak bukit ini ada menara mercu suar.

"Kita nggak bisa naik sampai puncak, namun dari tangganya saja bisa melihat pemandangan pulau. Indah, Bang," ujar Mikel, pemandu wisata.

Benar saja, pemandangan yang tersaji sungguh luar biasa. Pulau Cingkuak yang langsung menghadap Samudera Hindia adalah pulau yang cantik dan indah, mungil pula.

Sayang, kabut asap agak menghalangi jarak pandang di kejauhan. Tapi tidak apa-apa, pemandangan di sekitar pulau tetap indah terlihat.

"Kalau nggak ada asap, pulau-pulau yang jauh di sana itu kelihatan, Bang," kata Mikel menunjuk jauh ke horison.

Pulau Cingkuak sejauh ini baru dikenal wisatawan lokal. Padahal, pemandangan dan suasananya tidak kalah dengan Gili Trawangan. Hanya saja ukurannya memang kecil.

Pulau Cingkuak sering menjadi destinasi day trip wisatawan dari Padang karena jarak tempuhnya hanya 2 jam. Jika Anda liburan ke Padang, sekalian mampir ke Pulau Cingkuak di Pesisir Selatan. ***

Sumber:detik.com
Kategori:Pesisir Selatan, Umum
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/