Home  /  Berita  /  Umum

IAIN Imam Bonjol Padang Luncurkan 20 Buku

IAIN Imam Bonjol Padang Luncurkan 20 Buku
Sejumlah dosen dan mahasiswa IAIN Imam Bonjol Padang membaca buku-buku terbitan Imam Bonjol Press, Selasa (6/10/2015). Setidaknya, ada 20 judul karya dosen kampus Lubuk Lintah itu yang diluncurkan oleh penerbit. foto-kiriman Nuzul Iskandar dari Padang.
Rabu, 07 Oktober 2015 00:13 WIB
Penulis: Hermanto Ansam
PADANG, GOSUMBAR.COM - Penerbit Imam Bonjol Press kembali meluncurkan 20 buku karya dosen IAIN Imam Bonjol Padang, Sumatera Barat. Acara spektakuler itu dilaksanakan di ruang senat Fakultas‎ Dakwah, Selasa (6/10/2015).

Peluncuran buku tersebut menambah koleksi penerbitan dari buah karya para dosen. Sedikitnya, sudah 62 judul buku yang terbitkan Imam Bonjol Press sejak 3 tahun belakangan.

Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitpen), Wakidul Kohar, menyampaikan bahwa penerbitan buku ini merupakan program tahunan Imam Bonjol Press, lembaga penerbitan di bawah koordinasi Puslitpen.

Program ini dirancang sebagai salah satu upaya membangun reputasi IAIN Imam Bonjol menuju kampus Islam berbasis riset.

Dalam sambutannya saat pembukaan acara, Kapuslitpen menambahkan bahwa karya tulis adalah bentuk sedekah jariahnya kaum intelektual yang akan terus dibaca dari generasi ke generasi. Menurut pria yang akrab dipanggil Wako ini, menulis adalah menginvestasikan kemampuan untuk bekal hidup di alam baqa, dan dosen IAIN Imam Bonjol sudah melakukannya.

"Perjuangan kaum intelektual adalah menulis, senjata mereka adalah tulisan", kata dia, semangat.

Adapun buku-buku yang diluncurkan Imam Bonjol Press sangat terbilang penting, menarik, kontemporer dan kontekstual. Buku-buku itu adalah:

1. Minangkabau Social Movemen, karya Yulizar Yunus;
2. Trilogi Dakwah Hamka, karya Sarwan;
3. Gerakan Sosial Kaum Tarikat, karya Welhendri Azwar;
4. Gerakan Kaum Salafi, karya Sefriyono;
5. Multikulturalisme; Berebut Identitas di Ruang Publik, karya Andri Asadi;
6. Zainuddin Labai el-Yunusi; Akar-akar Historis Pembaruan Islam di Minangkabau, karya Muhapril Musri;
7. Ushul Fiqh Progresif; Formulasi Sadd al-Dzari'ah untuk Pembaruan Hukum Islam, karya Makmur Syarif;
8. Peta Masalah Kehidupan Beragama di Sumatera Barat, karya Nurus Shalihin;
9. Membongkar Kedok Kemunafikan; Tafsir Tematik Ayat-ayat Nifaq, karya Zulheldi;
10. Warisan Sufi Ulama Minangkabau; Sebuah Kajian Filologis, karya Yulfira Riza.
11. Teologi Sosial Islam, karya Tamrin Kamal;
12. Struktur Topik Komen Bahasa Minangkabau, karya Nofel Nofiadri; 13. Al-Qawa'id al-Fiqhiyah; Membahas Kaidah-kaidah Pokok dan Populer Fikih, karya Firdaus;
14. Hubungan Diplomatik; Hukum dan Praktiknya dalam Islam, karya Ikhwan;
15. Pengantar Fikih Muamalah, Karya Rozalinda;
16. Matematika dalam Buku Teks Tematik Sekolah Dasar, karya Yulia;
17. Sejarah Kebudayaan Islam di Minangkabau, karya Saharman; 18. Penggunaan Diferensial Berbasis Kontekstual, karya Nana Sepriyanti;
19. Strategi Komunikasi Pengembangan Pariwisata, karya Neni Efrita;
20. Kontribusi Budaya Organisasi dan Pemahaman Tujuan Lembaga terhadapKinerja Karyawan Administrasi, karya Wahyuli Luis Zen.

Dosen Fakultas Syariah, Aulia Rahmat yang hadir pada saat peluncuran buku megatakan, buku-buku yang diluncurkan Imam Bonjol Press sangat menarik, kontemporer, dan kontekstual. Ia juga mengharapkan agar Penerbit Imam Bonjol Press dapat bekerja sama dengan pusat-pusat dan komunitas-komunitas kajian yang ada di Sumatera Barat. Agar kajian-kajian yang digiatkan di kampus ini dapat lebih dikenal lagi, dan tentunya dapat berkontribusi bagi kemajuan Sumatera Barat ke depan.

Menariknya, peresensi bisa mendapatkan buku secara gratis bahkan honorarium. Sebab, penerbit Imam Bonjol Press melalui Puslitpen juga berencana menganggarkan program penulisan resensi untuk buku-buku yang telah diterbitkan itu. Penulis resensi buku-buku terbitan Imam Bonjol press berhak mendapatkan beberapa buah buku dengan judul berbeda, serta diberikan honorarium. (rls)

Kategori:Padang, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/