Home  /  Berita  /  Olahraga
Tour de Singkarak 2015

Etape 2, Start di Parik Malintang Padang Pariaman dan Finis di Sumani Solok

Etape 2, Start di Parik Malintang Padang Pariaman dan Finis di Sumani Solok
Ilustrasi (net).
Minggu, 04 Oktober 2015 15:18 WIB
Penulis: jontra
PADANG PARIAMAN, GOSUMBAR.COM — Hari ini, Minggu (4/10/2015), adalah hari kedua dan etape 2 penyelenggaraan iven tahunan Tour de Singakarak 2015.

Etape 2 yang memiliki jarak tempuh sekitar 140,2 km ini, dilepas dari depan Kantor Bupati Padang Pariaman, Parik Malintang, Padang Pariaman dan finis di Sumani, Kabupaten Solok.

Start Etape 2 TdS dimulai pada pukul 11.00 WIB. Berbeda dengan Etape 1 yang punya tanjakan kategori rendah, di Etape 2 beberapa tanjakan menantang siap menghadang para pebalap.

Sekitar 4,5 km dari start saja, para pebalap akan dihadapkan dengan tanjakan Puncak Kiambang, selanjutnya rute jalan rata di antara jalan raya Padang Pariaman-Kota Padang.

Barulah selepas batas Kota Padang dan Kabupaten Solok, sejak dari Bukit Indarung, pabalap dihadapkan pada tanjakan yang cukup menantang dan berat, jelang 50 km titik finis yang ada didaerah Sumani, Solok.

Selain tanjakan, tak beberapa lama selepas start, pebalap langsung dinanti dua titik sprint. Yang pertama ada di Pauh Kambar, lalu di Jalan Jendral Sudirman.

Semenjak kawasan Ladang Padi, Padang, yang disebut dengan King of Mountain, pabalap akan terus mengayuh sepedanya dengan tanjakan dan tikungan.

Dan memasuki Sitinjau Laiuk yang berada pada ketinggian 1.002 mdpl, sekitar 48 km memasuki fase finis, pabalap akan memacu lebih kencang sepeda mereka.

Setelah itu, titik sprint ketiga menunggu para pebalap di area Kantor Balaikota Solok. Pada titik ini, lebih tepatnya posisi di 15 km terakhir jelang finis di Danau Singkarak, Sumani, Kabupaten Solok.

Meski melewati berbagai rintangan, namun etape ini disebut-sebut juga menawarkan pemandangan yang natural. Terutama di Sitinjau Lauik menjelang garis finis saat memasuki kawasan Danau Singkarak.

Info dari panitia yang berhasil dihimpun GoSumbar, pada etape 2 ini dijadikan sebagai ajang start dan finis yang sesungguhnya, karena tidak adanya penghitungan poin di Etape 1, menyusul adanya beberapa kendala teknis yang sempat terjadi di etape 1.

Pada Etape 2 ini lima jersey diperebutkan 131 pebalap dari 21 tim yang ikut berpartisipasi pada ivent TdS 2015.

info terkait etape 2 ini, Start dari Koto Malintang, depan kantor Bupati Padang Pariaman Lubuk Buaya-Tabing-Depan Basko-Khatib Sulaiman-Sudirman-Simpang Kandang-Belok kiri ke Sawahan-Simpang Haru-Jembatan andalas-By pass-Simpang Empat Lubeg-Indarung-Sitinjau Lauik dan finis di Sumani, Kabupaten Solok.(**)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/