Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Kapolsek Tabrak Rumah Warga, Nenek dan Cucu Balitanya Tewas
Peristiwa
7 jam yang lalu
Kapolsek Tabrak Rumah Warga, Nenek dan Cucu Balitanya Tewas
2
Kisah Mualaf Penemu Rapid Test Jacky Ying saat Memutuskan Pakai Jilbab
Kesehatan
20 jam yang lalu
Kisah Mualaf Penemu Rapid Test Jacky Ying saat Memutuskan Pakai Jilbab
3
Cegah Gelombang Kedua Pandemi Covid-19 saat 'New Normal' dengan...
GoNews Group
22 jam yang lalu
Cegah Gelombang Kedua Pandemi Covid-19 saat New Normal dengan...
4
Total Bantuan PKS untuk Penanggulangan Covid-19 Capai Rp68,9 M
GoNews Group
4 jam yang lalu
Total Bantuan PKS untuk Penanggulangan Covid-19 Capai Rp68,9 M
5
'New Normal', Fraksi PPP DPR Minta Bukan cuma Mal yang Dibuka
Ekonomi
3 jam yang lalu
New Normal, Fraksi PPP DPR Minta Bukan cuma Mal yang Dibuka
Loading...
Home  /   Berita  /   Umum

Air Terjun Tansi Ampek di Solok Selatan, Surga Penyuka Arus Deras

Air Terjun Tansi Ampek di Solok Selatan, Surga Penyuka Arus Deras
Air Terjun Tansi Ampek
Senin, 28 September 2015 10:27 WIB
Penulis: .
MENEMPUH perjalanan panjang, lebih kurang  158 km dari ibu kota Propinsi Sumatera Barat, bertemankan cuaca panas di musim kemarau yang panjang, akhirnya sampai juga di Kabupaten Solok Selatan. Tujuan utamanya Air Terjun Tansi Ampek.

Lokasinya hanya berjarak 5 km jika dari ibukota Kabupaten Solok Selatan, Padang Aro. Air terjun yang eksotis ini terletak di jorong Sungai Lambai, Kenagarian Lubuak Gadang, Kecamatan Sangir.

Menuju lokasi air terjun Tansi Ampek kita harus melewati hamparan perkebunan teh Mitra Kerinci yang menghantarkan sejuta kesejukan.

Udara yang sejuk, aroma daun teh  yang segar dan pemandangan kebun teh yang luas menambah keindahan perjalanan. Berjalan membelah hamparan permadani hijau daun teh, perjalanan menuju lokasi dimulai.

Jalan setapak dengan sedikit bebatuan yang dilalui adalah jalan yang biasa digunakan oleh para petani dan para pemetik daun teh sehari-harinya. Sedikit menguras tenaga karena jalan terjal, namun tak menyurutkan langkah untuk sampai ke lokasi.

Lima belas menit perjalanan dari kejauhan terdengar gemercik suara air dan dinginnya udara yang terbawa angin membuat langkah semakin cepat tiba di lokasi.

Melihat keindahan air terjun dua tingkat dari kejauhan tak putus lidah berucap terima kasih kepada sang pencipta. Air terjun tingkat pertama dengan ketinggian sekitar 15 meter dan tingkat kedua 10 meter.

Keelokan dan keindahan rupa air terjun ini mengisyaratkan bukti sejarah dan kejadian alam yang menakjubkan.

Konon kabarnya ditempat inilah seorang tokoh perempuan Minangkabau, Mandeh Rubiah, yang semasa remajanya menghabiskan waktunya mandi di tempat yang sangat elok ini.

Tak hanya di dalam negeri, air terjun ini punya  magnet tersendiri bagi orang  luar  Indonesia.

Menurut Yulnofrin Napilus, seorang pelopor pariwisata Sumbar, air terjun ini pernah mengukir kejadian penting di dunia Olah Raga Kayak Indonesia.

Pada tanggal 24 November 2009, merupakan tanggal yang paling bersejarah karena di air terjun Tansi Ampek inilah pertama kalinya di Indonesia dilakukan penerjunan kayak oleh kayaker asing yang berasal dari Afrika Selatan.

Kayaker International yang telah melakukan survei arus deras di Solok Selatan, menyebutkan bahwa daerah ini memiliki sungai sungai dengan kualitas  kelas dunia yang menjadi tempat wisata yang menarik bagi penyuka arus deras yang menantang dan bernyali tinggi.

Anda merasa tertantang? Yuk dicoba! ***

Sumber : republika.co.id
Kategori : Solok Selatan, Umum

Loading...
www www