Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Wahyu Geram Banyaknya Anggaran Ganda di SKPD Pemko Padang

Wahyu Geram Banyaknya Anggaran Ganda di SKPD Pemko Padang
Wakil Ketua DPRD Padang Wahyu Iramana Putra (kiri)
Jum'at, 25 September 2015 10:49 WIB
Penulis: Agip M Noerman
PADANG, GOSUMBAR.COM - Wakil Ketua DPRD Padang Wahyu Iramana Putra mempertanyakan banyaknya mata anggaran ganda dalam program Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemko Padang. Mata anggaran ganda tersebut ditemukan dalam KUA PPAS APBD 2016 yang telah diserahkan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah ke DPRD Padang, awal pekan lalu.

''Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) ada program peningkatan pemahaman agama, sementara di 11 kecamatan dianggarkan juga. Kalau sudah dianggarkan di Bidang Kesra kenapa juga di kecamatan dianggarkan pula. Ini pemborosan,'' tegas Wahyu.

Disebutkan Wahyu, dana yang dianggarkan untuk program peningkatan pemahaman agama angkanya sangat fantatis. Bidang Kesra, tambah Wahyu, anggarannya mencapai Rp16,6 miliar dan di kecamatan nilai anggarannya Rp200 juta untuk tahun 2016. Wahyu curiga, gandanya mata anggaran ini dipergunakan untuk kepentingan politik walikota.

''Saya minta pada seluruh anggota dewan, sebelum pembahasan KUA PPAS, setiap anggota harus membaca secara detail rencana kerja daerah (RKD). Dan, yang harus menjadi perhatian anggota dewan terkait banyaknya mata anggaran ganda dalam program kerja SKPD,'' harap Wahyu.

Kemudian, Wahyu juga menyayangkan timpangnya anggaran operasional masing-masing kantor SKPD. Politisi Partai Golkar ini mencontohkan, ketimpangan anggaran operasional gedung DPRD Padang dengan gedung Dinas Pendidikan dan RSUD. ''Gedung DPRD yang kecil namun dana operasionalnya cukup besar sementara gedung Dinas Pendidikan dan RSUD yang besar dana operasionalnya kecil. Ganjil memang melihat faktanya seperti ini. Masalah ini juga akan kita pertanyakan dalam pembahasan nanti,'' terang Wahyu.

DPRD Padang memang mewacanakan sebelum pengesahan Perda APBD 2016, dalam pembahasan KUA PPAS akan mengundang akademisi maupun pakar terutama yang menyangkut hukum, ekonomi pembangunan serta sosial politi. Dengan melibatkan para pakar, rencana kerja daerah (RKD) Pemko Padang betul-betul berorientasi untuk kesejahteraan rakyat. (gib)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/