Home  /  Berita  /  Umum

VII Koto Talago Jadi Nagari Binaan UNP, Nagari Cyber Percontohan di Indonesia

VII Koto Talago Jadi Nagari Binaan UNP, Nagari Cyber Percontohan di Indonesia
Foto bersama kegiatan Pengabdian Masyarakat UNP di SMK 2 Guguk.
Sabtu, 26 September 2015 22:26 WIB
Penulis: .
PAYAKUMBUH, GOSUMBAR.COM - Nagari VII Koto Talago, Kecamatan Guguak, Limapuluh Kota terpilih sebagai Nagari Binaan oleh Universitas Negeri Padang. Sementara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 2 Guguak mendapat kehormatan selaku penggerak unit industri, marketing, serta penjual langsung produk masyarakat VII Koto Talago.

Sebagai langkah awal, Sabtu (26/9) digelar kegiatan Program Desa Binaan dengan tema "Penerapan Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Produk UMKM Menuju Nagari Cyber" yang diikuti 70 pengusaha produk makanan di SMKN 2 Guguak.

Kegiatan tersebut diisi oleh Ketua Program Masril MSi, Dr Yuliana MSi (anggota), Asrul Huda MKom (anggota), Prof. Ganefri (anggota), Dr Asma Yulastri (anggota), Elfizon MPdT (anggota).

Kepala SMKN 2 Guguak, Andi Dahman MT, mengatakan menyambut program Nagari Binaan UNP tersebut.

SMKN 2 Guguak langsung menyiapkan gerai fisik berupa lokasi pengumpulan barang produksi, sekaligus gerai online produk makanan produksi rumah tangga dan kelompok serta UMKM di VII Koto Talago.

Semangat Ganefri

Meski mengaku baru tahun ini, dimulai selaku Nagari Binaan UNP, namun VII Koto Talago yang diresmikan Gubernur Sumbar beberapa waktu lalu, juga di SMKN 2 Guguak diresmikan sebagai Nagari Cyber.

Peresmian Nagari Cyber ini berjalan seiring program nagari dengan layanan internet terpasang di setiap rumah menjadikan semua warga dan usaha penjualan produk produksi rumah tangga sudah online di sana.

Semua ini tak lepas dari bantuan dan usaha Prof Ganefri yang kini Kepala Kopertis Wilayah X. Sosok bersahaja yang ulet menjaring banyak program untuk kampung halamannya ini patut diapreasiasi tinggi.

Program Nagari Cyber menjadi satu-satunya di Indonesia yang sudah berjalan dengan baik. Diimbuh dengan program-program lain, yang ikut mensejahterakan warga.

Kini VII Koto Talago sudah menjadi nagari percontohan di Indonesia. Beberapa daerah mulai melirik dan meniru program pensejahteraan warga dengan kapabilitas internet sebagai media ekonomi warga yang membebaskan komunikasi dengan buyer-buyer sampai ke luar negeri. (mds)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/